nusabali

PDIP Gelar Soekarno Run

  • www.nusabali.com-pdip-gelar-soekarno-run

JAKARTA, NusaBali - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Soekarno Run untuk memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada Minggu (18/8).

Soekarno Run mengangkat tema ‘Berdiri, Berlari di Atas Kaki Sendiri’. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, tema lomba tersebut sangat relevan dengan kondisi yang terjadi di Indonesia saat ini.

“Ini suatu kreasi yang sangat luar biasa, karena temanya sangat ideologis. Berdiri, berlari di atas kaki sendiri. Itu berangkat dari gagasan Bung Karno untuk berdiri di atas kaki sendiri,” ucap Hasto saat konferensi pers Soekarno Run di Artotel Senayan, Jakarta, Minggu (11/8).

Hasto mengatakan, untuk berdiri ada pihak yang menggunakan kebohongan dan kemunafikan. Di Indonesia, para pemuda diajarkan untuk berdiri di atas kaki sendiri dengan keyakinan diri sendiri yang kuat, dengan tubuh dan jiwa raga yang sehat.

“Maka kita bisa berlari di atas kaki sendiri. Dan itulah kami mengucapkan terima kasih atas prakarsa yang sangat baik ini. Larinya, 17.8.45. Ada yang bisa 17 kilometer, silakan bergerak cepat. Dengan keyakinan Anda, berlari itu mengalahkan diri sendiri. Berlari itu menguji sportivitas. Berlari itu menguji suatu endurance,” jelas Hasto.

Hasto menilai, menghadapi tekanan apa pun, selama penuh percaya diri, semua orang bisa mencapai finish. “Ada yang 8 kilometer, ini juga angka keabadian. Level saya masih 8 kilometer, Pak Eriko cukup 4,5 kilometer. Jadi, temanya sangat beragam,” kata Hasto. Untuk itu, Hasto mengajak para peserta yang mengikuti Soekarno Run nanti semangat.

Ketua DPP PDIP Bidang Olahraga dan Pemuda PDIP Eriko Sotarduga, menambahkan PDIP menyiapkan tiga kategori dalam lomba yakni 17 kilometer, 8 kilometer, dan 4,5 kilometer. Hal itu, sesuai dengan tanggal kemerdekaan RI, 17-8-1945. Namun, PDIP tidak mengambil kategori 45 kilometer karena ranahnya sudah masuk profesional, khusus atlet.

“Mari kita beritakan ini, bahwa semangat Soekarno ada pada anak-anak muda zaman sekarang. Ada pada generasi Y, ada pada generasi Z, ada juga pada generasi Alpha,” kata Eriko. 

Menurut Eriko, antusias masyarakat untuk mengikuti Soekarno Run sangat besar. Meski peserta sudah full, masih saja ada yang berminat untuk mendaftar. Hal sama dikatakan Ketua Race Management Soekarno Run Echa. Echa menuturkan, antusias masyarakat mengikuti Soekarno Run begitu tinggi. Tercatat 7.900 peserta mendaftar di acara tersebut.

Lomba dimulai pukul 06.10 WIB dari Plaza Parkir Timur Senayan dan finish di lokasi yang sama.

Ketua Event Soekarno Run Ilham menyatakan total hadiah yang disediakan di acara Soekarno Run sebesar Rp 300 juta. “Selain itu, kami juga menggelar lomba kemerdekaan atau kerakyatan seperti makan kerupuk, tarik tambang, panjat pinang, lomba kelereng, dan lainnya,” ucap Ilham. 7 k22

Komentar