nusabali

SMK TI Bali Global Denpasar Terus Perkuat Posisi di Industri Kreatif

Terima Kunjungan MKKS Polewali Mandar dan Kemenparekraf

  • www.nusabali.com-smk-ti-bali-global-denpasar-terus-perkuat-posisi-di-industri-kreatif

DENPASAR, NusaBali - SMK Teknologi Informasi (TI) Bali Global Denpasar menerima kunjungan studi tiru dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (6/8) pagi.

Selain itu juga menerima kunjungan dari Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kamis (8/8).

Rombongan dari Polewali Mandar diberi paparan visi dan misi sekolah yang fokus pada pengembangan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi, serta memperkenalkan fasilitas unggulan seperti studio animasi, studio robotik, dan laboratorium komputer.

Kepala Sekolah SMK TI Bali Global Denpasar Drs I Gusti Made Murjana  MPd, menyambut hangat rombongan MKKS SMK se-Kabupaten Polewali Mandar sebanyak 23 orang, ke sekolah yang beralamat di Jalan Tukad Citarum, Dauh Puri Klod, Denpasar Selatan, itu. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan dan keterampilan hidup (life skill) di SMK Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Rombongan dari Polewali Mandar juga diikuti Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat Hasman, staf DPRD Provinsi Sulawesi Barat Riska, Ketua MKKS SMK Polewali Mandar Muhammad Thalib, dan Ketua Komite Kabupaten Polewali Mandar. 

Made Murjana berterima kasih atas kunjungan tersebut. Dia juga menjelaskan perkembangan sekolah, khususnya dalam bidang animasi, yang telah menjadi salah satu kompetensi unggulan.

“Mereka memilih SMK TI Bali Global karena melihat kemajuan dan prestasi akademik maupun non-akademik. Apa yang mereka lihat dan dengar seputar informasi sekolah ini membuat mereka sedikit terharu, karena kemajuan SMK TI Bali Global ini cukup baik dalam penataan manajemennya, termasuk penegakan disiplin. Disiplin ini adalah kunci dari keberhasilan, maka dari itu disiplin di sini sangat kuat kami tegakkan agar output siswa berkualitas,” ujar Made Murjana saat ditemui di Ruang Kepala Sekolah SMK TI Bali Global, Senin (12/8) sore.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi, para kepala sekolah dan tenaga pendidik berbagi pengalaman serta praktik terbaik dalam mengelola pendidikan vokasi. Sesi ini memberikan kesempatan untuk saling bertukar ide mengenai pengembangan teknologi dalam pendidikan yang dapat diterapkan di sekolah masing-masing.

Rombongan juga diajak berkeliling untuk melihat berbagai fasilitas penunjang pembelajaran di SMK TI Bali Global Denpasar, seperti studio animasi, studio robotik, studio gambelan dan laboratorium komputer. 

Kunjungan studi tiru ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi tenaga pendidik di Kabupaten Polewali Mandar.

SMK TI Bali Global Denpasar kembali menjadi sorotan dengan menerima kunjungan dari Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kamis (8/8). Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan terkait pengembangan SDM di sektor animasi. 

Tim yang dipimpin oleh Analis Apresiasi Karya Seni Dwi Maharani Pane, bersama tiga peneliti BRIN, Adrian Wikayanto, Sentiela Ocktaviana, dan Hanum Ayuningtyas, disambut Kasek SMK TI Bali Global Denpasar, beserta jajaran staf sekolah. “Mereka mengamati langsung fasilitas studio animasi yang lengkap dan modern, serta berdiskusi mengenai kurikulum, proyek animasi, dan tantangan industri animasi di Bali. Mereka juga melakukan observasi langsung untuk mendapatkan informasi kebutuhan pelatihan dan umpan balik terkait pengembangan SDM ekonomi kreatif, khususnya di bidang animasi,” tutur Made Murjana. 

Dia menegaskan komitmen sekolah untuk terus mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, khususnya di bidang animasi.

Made Murjana juga menjelaskan atas prestasi sekolahnya, sejak November 2021 hingga Agustus 2024, SMK TI Bali Global telah menerima sepuluh kunjungan studi banding atau tiru dari berbagai institusi, termasuk Kemenparekraf. Kunjungan Kemenparekraf kali ini adalah karena penghargaan atas keberhasilan SMK TI Bali Global meraih juara pertama di kompetisi film animasi tingkat nasional pada Festival Sastra Saraswati Sewana 2024. 

Proyek animasi yang dihasilkan oleh siswa I Gusti Agung Bagus Indra Narayana Putra, kelas XII jurusan Animasi, berjudul ‘Kekuatan Ibu’ memenangkan kompetisi tersebut. Hal ini menunjukkan bakat dan keterampilan siswa dalam mengolah nilai-nilai budaya Bali menjadi karya kreatif. “Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara SMK TI Bali Global dengan pemerintah dan industri, serta membuka peluang pengembangan lebih lanjut untuk industri animasi di Bali,” tandas Made Murjana. @ cr79

Komentar