nusabali

Hanura Bali Buka Pendaftaran Caleg

  • www.nusabali.com-hanura-bali-buka-pendaftaran-caleg

Episode ‘bajak-membajak’ kader hingga tokoh partai bakal terus berlanjut.

Di Buleleng 31 Kader Sudah Mendaftar


DENPASAR, NusaBali
Indikasi ini semakin tidak terelakkan setelah Partai Hanura secara terbuka membuka ‘lowongan’ bagi mereka yang ingin maju dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. “DPD Hanura Bali membuka pendaftaran calon legislatif, baik yang ingin maju ke DPRD kota/kabupaten, provinsi hingga DPR RI,” kata Sekretaris DPD Hanura Bali, Gede Wirajaya Wisna, Senin (14/8).

Menariknya, lowongan ini tidak hanya diperuntukkan bagi kader partai pimpinan Oesman Sapta Odang (OSO) tersebut. “Kalau kader secara otomatis bisa menjadi calon legislatif (Caleg), namun kali ini kami juga mengajak seluruh tokoh masyarakat menggunakan hati nurani dalam memperjuangkan aspirasi rakyat,” kata Wisna. Politisi asal Singaraja ini menyebutkan bahwa langkah yang dilakukan adalah tindak lanjut dari Rapimnas I Partai Hanura awal Agustus lalu.  

“Kami harus menyiapkan diri sedari awal. Pasalnya target kami pada kontestasi politik 2018 dan 2019 adalah memenangi Pilkada hingga menembus dua besar Pileg 2019,” jelas Wisna. Sementara itu Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPD Hanura Bali, Nyoman Agung Sariawan, menambahkan Hanura adalah partai terbuka. Sehingga memberi kesempatan kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk memperjuangkan aspirasi rakyat melalui kendaraan Hanura.  

“Hanura membuka peluang ini secara gratis tanpa biaya dengan mengikuti prosedur pendaftaran,” kata Agung Sariawan. Para pendaftar nantinya mengikuti mekanisme yang ada, dan selanjutnya secara otomatis menerima KTA (Kartu Tanda Anggota).

Dalam launching yang digelar di Kantor DPD Hanura Bali Jalan Tukad Unda IV Denpasar, kemarin terlihat juga mantan Ketua KPU Kabupaten Buleleng Kadek Cita Ardana Yudi yang kini menduduki posisi Wakil Ketua Bidang Keanggotaan DPD Hanura Bali.

“Bagi siapapun yang berminat silakan hubungi Kantor DPD ataupun DPC di mana mereka ingin maju ke Pileg 2019,” kata Kadek Cita yang rajin melakukan konsolidasi ke kabupaten ini. Sementara di Buleleng sejak dibuka pendaftaran Caleg mulai 7 Agustus lalu hingga 7 September mendatang, sudah ada 25 kader yang mendaftar posisi Caleg Kabupaten 6 kader mendaftar sebagai Caleg Provinsi. Dari 25 pendaftar caleg DPRD Buleleng, lima incumbent juga ikut serta, yakni Ketut Wirsana (Dapil Tejakula), Wayan Teren (Dapil Sukasada), Gede Wisnaya Wisna (Dapil Buleleng), Made Budiasa (Dapil Gerogak), dan Ketut Sumardhana (Dapil Sawan).

Sedangkan I Wayan Artha (Dapil Banjar) yang masih aktif sebagai anggota DPRD Buleleng periode 2014-2019 diplot ke DPRD Provinsi Bali. Wayan Artha diplot ke Provinsi karena dianggap mampu merebut satu kursi. Disamping itu Wayan Artha telah tiga periode duduk di DPRD Kabupaten. “Seperti kita sekolah, ya harus ada naik kelas. Jadi sudah tiga kali di kabupaten, sekarang harus bisa ke provinsi,” kata Wayan Artha, politisi asal Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar yang ditemui saat mengisi formulir pendaftaran, Senin (13/8).

Selain Wayan Artha terdapat juga nama mantan Ketua KPU Buleleng Kadek Cita Ardhana Yudi, kemudian ada nama mantan Ketua Tim Advokasi Paket PASS Kadek Doni Riana, pengurus DPD Hanura Bali, Wirajaya Wisna, dan Ngurah Nopen. Kelima kader ini akan bertarung melawan incumbent Ni Made Arini yang kini masih duduk di DPRD Provinsi Bali.

Ketua DPC Hanura Buleleng, Ketut Wirsana mengatakan, penjaringan sudah dimulai sejak, Senin pekan lalu, hingga 7 September mendatang. Seluruh kader yang mendaftar sebagai bakal calon, wajib mengikuti persyaratan. Termasuk para incumbent juga harus menempuh jalur yang sama. *mao, k19

Komentar