nusabali

Bibit Ikan Nila 2.000 Ekor Ditebar di Sungai Saba

  • www.nusabali.com-bibit-ikan-nila-2000-ekor-ditebar-di-sungai-saba

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 2.000 ekor bibit ikan nila ditebar di Sungai Saba oleh Pemerintah Desa Lokapaksa, Senin (12/8) kemarin.

Penebaran benih ikan ini diharapkan dapat memulihkan ekosistem sungai sebagai salah satu sumber ketahanan pangan untuk masyarakat. 
 
Perbekel Desa Lokapaksa, Putu Dodi Triana mengungkapkan, benih ikan yang berasal dari balai benih milik Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng diharapkan dapat berkembang. Sehingga kedepan dapat dinikmati masyarakat yang sering mencari sumber protein dengan memancing di sungai. 
 
Selain tebar benih ikan juga dilakukan pembersihan sungai dari sampah plastik menggandeng TNI dan juga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Udayana (Unud). Menurut Dodi Triana, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengubah pola pikir masyarakat. Terutama tidak membuang sampah sembarangan di sungai. 
 
Desa Lokapaksa sebagai salah satu desa yang dilalui Sungai Saba mendapat banyak manfaat dari kelestarian air. Tidak hanya untuk irigasi, tetapi sejumlah masyarakat juga masih memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci pakaian dan minum ternak. 
 
“Kami ingin masyarakat menyadari bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Mulai dari lingkungan rumah, kita harus membiasakan diri untuk memilah sampah organik dan anorganik. Sampah yang telah dipilah akan kami kelola lebih lanjut,” ucap Dodi.
 
Dodi berharap, melalui kegiatan ini, masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan dan turut aktif dalam menjaga kebersihan sungai. “Dengan sungai yang bersih, diharapkan ekosistem di sekitar sungai juga akan terjaga dengan baik,” terang dia.7 k23

Komentar