nusabali

Apel HUT RI, Pejabat di Tabanan Bakal Kenakan Kostum Pahlawan

  • www.nusabali.com-apel-hut-ri-pejabat-di-tabanan-bakal-kenakan-kostum-pahlawan

TABANAN, NusaBali - Pemkab Tabanan tengah melakukan persiapan jelang peringatan HUT ke–79 Kemerdekaan RI. Saat apel pada 17 Agustus mendatang, Bupati dan Wakil Bupati hingga para pejabat di Tabanan kembali mengenakan kostum pahlawan nasional. Bahkan mereka akan berjalan beriringan dari Kantor Bupati Tabanan menuju Lapangan Debes naik mobil Jeep Willys.

Untuk diketahui, upacara 17 Agustus 2024 di Tabanan bakal digelar di Lapangan Debes yang berlokasi di areal GOR Debes Banjar Gerogak, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan karena Lapangan Alit Saputra sedang dilakukan penataan. 

Plt Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Tabanan I Made Sastra Wibawa, mengatakan persiapan apel HUT RI tengah dimatangkan. Untuk upacara akan dilakukan di Lapangan Debes. “Peserta upacara termasuk Bupati dan Wakil Bupati akan mengenakan kostum nasional,” ujarnya, Selasa (13/8). 

Menurut Sastra Wibawa tema untuk pakaian nasional itu sesuai dengan arahan pimpinan, mengikuti tema pusat yakni bertema Indonesia Baru Indonesia Maju. 

“Sebenarnya tidak ada beda dengan tahun lalu, hampir sama bahkan Pak Bupati, Pak Wakil Bupati beserta undangan bakal naik mobil Jeep Willys dari Kantor Bupati ke GOR Debes,” ucap Sastra Wibawa. 

Sastra Wibawa menegaskan kostum nasional yang dikenakan ini menyerupai pakaian veteran zaman dulu, berwarna cokelat lengkap dengan sepatu boots. Tujuannya ini untuk mengenang jasa pahlawan. 

Sebelumnya untuk meriahkan HUT Kemerdekaan RI, bendera merah putih juga terlihat mewarnai jalan-jalan protokol dan jalan di desa-desa. Hal ini sebagai wujud nyata Pemkab Tabanan dalam mendukung program 10 juta Bendera Merah Putih.

Pembukaan perayaan dimulai pada 1 Agustus 2024, dimulai dari pawai yang diikuti oleh berbagai kelompok masyarakat. Barisan pawai ini diisi dengan penampilan drumband dari sekolah-sekolah, parade yang melibatkan berbagai kelompok seni, serta pertunjukan barongsai dan barong bangkung.

Tak ketinggalan, barisan sepeda onthel yang dihias dengan berbagai macam ornamen warna-warni. Berbagai lomba juga telah diselenggarakan, seperti lomba sepeda hias, lomba lari karung estafet yang dibagi dalam kategori beregu dan campuran. Lomba ini dilaksanakan di Taman Bung Karno Tabanan dan sekitarnya. 7 des

Komentar