nusabali

Target Tanam Padi Tercapai 14.730 Hektare

  • www.nusabali.com-target-tanam-padi-tercapai-14730-hektare

GIANYAR, NusaBali - Meski saat ini cuaca masih tidak menentu, target tanam padi di Gianyar tahun 2024 sudah sesuai target. Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar menargetkan luas tanam padi di Gianyar seluas 22.258 hektare, realisasi tanam sampai akhir Juli 2024 mencapai 14.730 hektare.

Pejabat Fungsional Dinas Pertanian Gianyar, Kadek Yuliana, menjelaskan realisasi tanam tahun 2024 sudah sesuai target. Tahun 2024 ini petani di Gianyar melakukan tanam padi tiga kali dari luas lahan pertanian sawah di Gianyar 10.848 hektar. "Saat ini sudah masa tanam kedua, sebagian ada yang memasuki masa panen padi tahap kedua," jelasnya, Rabu (14/8). Masa tanam padi ketiga akan dimulai akhir Agustus sampai akhir tahun. Luas tanam yang tersisa sekitar 7.000 hektare lebih dan target tanam ini akan bisa terlewati.

Sekalipun saat ini sedang memasuki musim kemarau, target luas tanam optimis tercapai. Di selatan Gianyar sebagian petani masih memanfaatkan penanaman palawija atau tembakau. Hal ini akibat selingan antara musim tanam padi dua kali dan tanam palawija sekali musim. "Sampai saat ini belum ada gagal panen dan gagal tanam, irigasi masih mengalir dengan baik," jelas Yuliana.

Kementerian Pertanian sudah memberikan bantuan kepada petani di Gianyar. Bantuan kepada petani adalah power threaser (perontok padi) sebanyak 22 unit. Mesin perontok padi ini sudah didistribusikan kepada petani di 7 kecamatan. Bantuan lain yang diberikan kepada salah satu subak adalah 1 unit sepeda motor roda tiga. "Bantuan bibit padi tahun ini diberikan sebanyak 2.976 hektare, yang juga sudah didistribusikan kepada petani," ujar Yuliana. Bantuan bibit ini jauh meningkat dari tahun sebelumnya yang sekitar 900 hektar bibit padi. 7 nvi

Komentar