nusabali

Jenazah WNA Amerika Ditemukan di Tebing Curam Pantai Bingin, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung

Evakuasi Sulit, Jenazah Diangkat ke Atas Tebing dengan Alat Khusus

  • www.nusabali.com-jenazah-wna-amerika-ditemukan-di-tebing-curam-pantai-bingin-desa-pecatu-kuta-selatan-badung

Diperkirakan korban terjatuh di kawasan Pantai Tanjung Batu Jaran, Uluwatu lalu tubuhnya terbawa air laut hingga titik penemuan di di Pantai Bingin, Desa Pecatu

MANGUPURA, NusaBali
Seorang warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat (AS) ditemukan tak bernyawa di antara karang bebatuan pantai yang terletak di bawah tebing setinggi 20 meter di Pantai Bingin, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Selasa (13/8) pukul 18.30 Wita. Sementara jenazah baru bisa dievakuasi pada, Rabu (14/8) siang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Denpasar, I Nyoman Sidakarya menjelaskan jika jenazah pria itu bernama Edward,51, ditemukan di posisi yang sulit dijangkau, tepat di bawah tebing curam yang menjulang tinggi di atas Pantai Bingin. 

“Informasi mengenai penemuan jenazah ini baru diterima Kantor Basarnas Denpasar pada, Rabu pagi kemarin pukul 09.30 Wita, setelah dilaporkan oleh Pol Air Nusa Dua,” ungkap Sidakarya, Rabu siang. Merespons laporan tersebut, sembilan personel dari Kantor Basarnas Denpasar segera dikerahkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Mengingat kondisi medan yang sangat berbahaya, tim SAR memutuskan untuk tidak membawa jenazah secara manual melalui tebing, melainkan menariknya ke atas dengan peralatan khusus. Proses evakuasi yang berlangsung menegangkan akhirnya berhasil dilakukan pada pukul 11.35 Wita. Jenazah Edward kemudian dibawa ke Rumah Sakit Prof Ngoerah Denpasar, menggunakan ambulans. 

“Evakuasi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk unsur SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Polair Polda Bali, Polresta Denpasar, Balawista Badung, serta para relawan Banser dan masyarakat setempat,” tambahnya. Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPTD Penyelamatan Wisatawan Kuta Selatan, Wayan Somer, menjelaskan penemuan mayat ini bermula ketika ada informasi orang jatuh di Pantai Tanjung Batu Jaran, Uluwatu, Selasa sore. 

“Kepala Dusun menginformasikan bahwa ada kemungkinan korban jatuh dari tebing di Tanjung Batu Jaran, karena motor milik korban ditemukan di atas tebing. Informasi ini didapat dari salah satu teman korban yang membagikan lokasi jatuhnya WNA tersebut,” tambahnya.

Setelah dilakukan pengecekan oleh Kepala Dusun, diketahui bahwa korban jatuh ke laut dari tebing yang cukup tinggi. Kondisi medan yang sulit dan mulai gelap pada saat itu membuat tim penyelamat dari Basarnas tidak dapat segera melakukan evakuasi. Sementara, Tim UPTD Penyelamatan Wisatawan Kuta Selatan juga dikatakan sudah mengetahui kabar tersebut pada hari yang sama, namun karena kendala di lapangan dan waktu yang sudah malam, evakuasi baru bisa dilakukan pada Rabu pagi kemarin. Disinyalir dari Tanjung Batu Jaran tubuh korban kemudian terbawa air laut hingga titik penemuan. "Kemungkinan besar korban jatuh ke laut saat air pasang, sehingga tubuhnya terbawa arus hingga terdampar di Pantai Bingin," pungkasnya. 

Sementara Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi dalam keterangan persnya kemarin siang mengatakan tim gabungan melakukan pencarian setelah menerima laporan dari D'armali dd Bernito,27, WNA asal Prancis, Selasa pagi sekitar pukul 10.00 Wita. Pria bule itu melaporkan dirinya menemukan mayat mengapung di Pantai Batu Jaran, Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. 

Menerima laporan itu aparat Polsek Kuta Selatan langsung mendatangi Pantai Batu Jaran. Sampai di sana petugas tidak menemukan mayat. Di atas tebing pantai itu ditemukan satu unit sepeda motor Yamaha NMax DK 4538 AEE. Setelah ditelusuri sepeda motor itu adalah motor rental dengan nama pemilik I Nyoman Suta. Di dalam jok motor ditemukan kalung mutiara warna silver, celana panjang, handuk, baju kaos warna putih, baju kemeja warna biru. Selain itu kain tenun, sepasang sandal slop kulit, kartu member Pepito, dan obat merk Barotex warna ungu.

Sepeda motor bersama isi di dalam joknya itu diamankan ke Mapolsek Kuta Selatan. Selain itu tim gabungan melakukan pencarian terhadap mayat yang ditemukan wisawatan asal Prancis. Namun hingga malam petugas belum berhasil menemukan mayat tersebut. Pencarian dilanjutkan pada Rabu pagi kemarin. Pencarian dilakukan sepanjang pesisir pantai di kawasan Uluwatu. Akhirnya petugas menemukan mayat seorang pria bule di Pantai Bingin. Setelah diidentifikasi mayat tersebut diketahui bernama Edward, wisatawan asal Amerika Serikat. 

"Hingga saat ini (kemarin sore) kepolisian masih berkoordinasi dengan imigrasi untuk memastikan identitas mayat tersebut, sebab belum ditemukan paspor aslinya. Selain itu kepolisian juga berkoordinasi dengan Konsulat Amerika Serikat," beber AKP Sukadi. Pihak kepolisian juga belum bisa memastikan sepeda motor Yamaha Nmax DK 4538 AEE yang ditemukan di atas tebing Pantai Batu Jaran adalah sepeda motor yang dikendarai korban Edward. 7 ol3, pol

Komentar