nusabali

Diingatkan, Pendidikan Kepramukaan Penting

  • www.nusabali.com-diingatkan-pendidikan-kepramukaan-penting

NEGARA, NusaBali - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jembrana menggelar Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-63 di Lapangan Yowana Mandala, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Rabu (14/8). Sekda Jembrana I Made Budiasa yang bertindak selaku pembina upacara, mengingatkan pentingnya pendidikan kepramukaan di tengah era globalisasi ini.

Seka Budiasa mengatakan, di tengah era globalisasi ini, berbagai pengaruh dengan mudah masuk ke masyarakat, khususnya pada generasi muda. Menurutnya, situasi saat ini bisa menjadi ancaman bagi bangsa. Seperti penggunaan narkoba, pergaulan bebas, kekerasan, penggunaan media sosial secara bebas, serta berbagai dampak situasi sosial budaya dan ekonomi yang kurang kondusif. 

"Ancaman ini tentu menjadi tanggung jawab semua komponen bangsa termasuk gerakan pramuka. Dengan situasi dunia yang semakin mengglobal, maka menjadi penting pendidikan kepramukaan. Dan saya mempunyai keyakinan bahwa Gerakan Pramuka dapat menyatukan bangsa, ketika banyak pihak yang memiliki kepentingan merusak kesatuan dan persatuan bangsa," ujar Sekda Budiasa. 

Sekda Budiasa yang juga selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana mengatakan, Gerakan Pramuka adalah wahana untuk menumbuhkan kreatifitas, penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik. Pengembangan diri bagi pembina juga sangat diperlukan untuk bisa membimbing para peserta didik. 

"Kwarcab Pramuka Kabupaten Jembrana memberikan kesempatan untuk menggali ilmu dan pengalaman baru melalui kegiatan karang pamitran. Kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan dalam pembentukan karakter pembina pramuka. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinan dengan cara bertukar keterampilan sehingga pramuka lebih berkualitas," ujarnya.

Sekda Budiasa menambahkan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) juga harus sejalan dengan pembangunan fisik. Karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa ini terletak pada SDM yang berkualitas. "Saya mengharapkan seluruh peserta apel untuk dapat mengikuti acara ini dengan seksama. Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkepribadian, berkarakter, berwatak, handal dalam berpikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela negara," harapnya.

Terakhir, Sekda Budiasa juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam perkembangan Gerakan Pramuka, khususnya di Jembrana. "Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Jembrana mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka di kabupaten Jembrana," ucapnya.7ode

Komentar