nusabali

Polres Tabanan Gelar Simulasi Kerusuhan Pilkada

  • www.nusabali.com-polres-tabanan-gelar-simulasi-kerusuhan-pilkada

TABANAN, NusaBali - Polres Tabanan melaksanakan simulasi penanganan kerusahan Pilkada Tabanan 2024 pada Rabu (14/8).

Simulasi yang digelar di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta itu berlangsung seru. 

Simulasi itu mengambil skenario pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 yang diwarnai dengan kerusuhan atau demonstrasi oleh kelompok yang tidak puas dengan hasil pemilihan. Dalam simulasi itu, Polres Tabanan dengan seluruh jajarannya dibantu unsur TNI, keamanan desa dan desa adat, melakukan standar prosedur pelaksanaan pengamanan. Seluruh personil yang dikerahkan pun berperan apik dengan mengendepankan langkah persuatif dan preventif untuk penanganan massa. 

Kapolres Tabanan AKBP Candra Citera Kusuma menegaskan simulasi dilakukan untuk memantapkan langkah dan tugas personil bila terjadi hal yang tak diinginkan dalam Pilkada 2024. "Jadi ini digelar sebagai latihan sistem pengamanan kota atau sispamkota selama tahapan Pemilu 2024," ujarnya. 

Menurutnya pelatihan ini juga sebagai gambaran bahwa gambaran bahwa upaya pengamanan tahapan Pilkada akan melibatkan unsur TNI serta keamanan desa dan desa adat.

Menurut AKBP Candra Citra Kusuma selain melatih penanganan sispamkota ini, Polres Tabanan juga melakukan sejumlah kajian dalam pengamanan Pilkada. Mulai dari tempat kategori rawan hingga jumlah personil yang bakal dikerahkan. "Kami juga mengajak kepada masyarakat secara sama-sama ikut menciptakan keamanan dan kenyaman sehingga Pilkada Tabanan berjalan dengan lancar," tandasnya. 7 des

Komentar