nusabali

De Ligt dan Mazraoui Mendarat di Old Trafford, Ten Hag Mulai ‘Ajaxisasi’ Manchester United

  • www.nusabali.com-de-ligt-dan-mazraoui-mendarat-di-old-trafford-ten-hag-mulai-ajaxisasi-manchester-united

Total ada lima eks Ajax didatangkan Ten Hag. Selain De Ligt dan Mazraoui, sebelumnya Andre Onana, Lisandro Martinez dan Antony. Kini MU juga kembali mengincar eks gelandang Ajax, Frenkie de Jong dari Barcelona dan mendatangkan Sofyan Amrabat dari Fiorentina.

MANCHESTER, NusaBali - Akun media sosial X resmi klub Liga Belanda Ajax Amsterdam atau AFC Ajax mengunggah kalimat "Manchester is red", usai Manchester United (MU) meresmikan kedatangan dua bek baru Matthijs de Ligt dan Noussair Mazraoui. 

"Manchester is red ," tulis Ajax Amsterdam di akun resmi X mereka, @AFCAjax, pada Rabu (14/8) dinihari WITA. Ajax tidak menjabarkan secara resmi alasan di balik unggahan tersebut. Namun, hal itu dapat dilihat sebagai bentuk dukungan transfer de Ligt dan Mazraoui ke MU lantaran dua pemain tersebut adalah mantan pemain Ajax Amsterdam dan juga binaan akademi Ajax.

Sejak mendatangkan pelatih asal Belanda Erik Ten Hag dari Ajax Amsterdam pada 2022, MU gemar merekrut pemain dari Ajax. Ya, Ajaxisasi pun tampaknya kini berlangsung di Old Trafford. Ten Hag tidak asing dengan kualitas pemain Ajax karena pernah jadi pelatih Ajax lima tahun, pada 2017-2022.

Saat ini di MU, total terdapat lima pemain eks Ajax Amsterdam yang didatangkan Ten Hag. Selain de Ligt dan Mazraoui, sebelumnya ada Andre Onana, Lisandro Martinez dan Antony. Selain Antony, empat jebolan Ajax berpeluang mengisi daftar starter MU baik di Liga Inggris maupun kompetisi lainnya.

Pada Rabu (14/8) dinihari Wita, MU meresmikan transfer dua bek Bayern Muenchen Matthijs de Ligt dan Noussair Mazraoui. MU menyatakan de Ligt dikontrak sampai 2029 dengan perpanjangan satu tahun dan Nasraoui diikat hingga 2028 dengan opsi serupa.

Dengan demikian, pada musim 2024-2025 MU telah menghadirkan empat pemain baru karena sebelumnya telah meresmikan bek Leny Yoro dan penyerang Joshua Zirkzee.

De Ligt diboyong 45 juta euro ditambah 5 juta euro (Rp 863 miliar) plus bonus, sedangkan Mazraoui senilai 15 juta euro ditambah 5 juta euro (Rp346 miliar) plus bonus. Total, MU berpotensi menggelontorkan 70 juta euro (sekitar Rp1,21 triliun) untuk kedua bek tersebut.

Kedua pemain tersebut meninggalkan Bayern setelah dua musim. De Ligt tampil 75 kali untuk Bayern di semua kompetisi dan Mazraoui tampil 55 laga.

Bersama Bayern, De Ligt dan Mazraoui mempersembahkan trofi Bundesliga musim 2022/2023. Kedua pemain tersebut akan bereuni dengan pelatih MU Erik Ten Hag di. De Ligt dan Mazraoui pernah dilatih Ten Hag di Ajax dan hampir membawa klub Belanda itu ke final Liga Champions pada 2019.

"Erik ten Hag membentuk awal karier saya, jadi dia bisa mengeluarkan kemampuan terbaik saya dan saya sudah tidak sabar bekerja sama dengannya lagi," ujar De Ligt.

De Ligt menjelaskan bahwa dia tidak berpikir dua kali ketika mendapatkan tawaran dari MU, ditambah bekerja sama lagi dengan Ten Hag.

Mazraoui tertarik dengan proyek MU, dan siap membantu klub barunya meraih banyak trofi. "Sungguh bahagia menjadi pemain Manchester United, dan saya tidak sabar mengenakan seragam merah," kata pemain Timnas Maroko berusia 26 tahun itu.

Meski sudah merekrut lima pemain Ajax, MU dikabarkan kembali melirik incaran lama, yaitu gelandang Barcelona Frenkie de Jong, yang juga mantan pemain Ajax. Namun, MU harus merogoh kocek cukup banyak, karena Barca  memasang taris 60 juta euro atau sekitar Rp 1 triliun. *

Komentar