nusabali

Kompetisi Pertamuda Seed and Scale 2024, Pertamina Ajak Mahasiswa Ciptakan Inovasi di Sektor Energi

  • www.nusabali.com-kompetisi-pertamuda-seed-and-scale-2024-pertamina-ajak-mahasiswa-ciptakan-inovasi-di-sektor-energi

JAKARTA, NusaBali.com - PT Pertamina (Persero) kembali menghadirkan ajang bergengsi untuk para mahasiswa di seluruh Indonesia, melalui kompetisi ide bisnis "Pertamuda Seed and Scale 2024". Kompetisi ini bertujuan untuk menggali potensi inovasi generasi muda, khususnya dalam sektor energi.

Pendaftaran kompetisi yang telah memasuki tahun keempatnya dibuka sejak 15 Agustus 2024 dan akan berlangsung hingga 18 Oktober 2024 melalui situs resmi www.pertamuda.id.

Kompetisi ini tidak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berinovasi, tetapi juga bagian dari upaya Pertamina dalam memperluas implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan mendorong berkembangnya perusahaan rintisan (start-up) di Indonesia.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa Pertamuda 2024 diharapkan mampu membuka peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru yang berasal dari ide-ide segar generasi muda. 

“Melalui Pertamuda ini harapannya Pertamina bisa mendapatkan ide dan inovasi segar, terutama dalam hal energi baru terbarukan. Dengan program yang berasal dari generasi muda, kami juga berharap dapat mendorong terciptanya lapangan kerja di Indonesia,” ujar Fadjar.

Dengan tema Energizing Tomorrow's Innovations, Pertamuda Seed and Scale 2024 mengusung dua kategori kompetisi, yakni Early Stage Startups dan Energy Founder. Kategori Early Stage Startups menargetkan ide bisnis yang sudah memiliki traksi awal dengan fokus pada nilai-nilai SDGs, sementara kategori Energy Founder ditujukan bagi pendiri start-up yang memiliki ide inovatif untuk memecahkan masalah di sektor energi.

Para pemenang di masing-masing kategori akan mendapatkan dana pembinaan yang signifikan. Top Three Early Stage Startups, misalnya, akan menerima dana Rp 100 juta untuk pengembangan bisnis lebih lanjut. Sedangkan para Energy Founders yang terpilih akan mendapatkan dana Rp 35 juta untuk mewujudkan ide mereka ke dalam bentuk validasi di atas kertas.

Pada tahun 2023, Pertamuda berhasil menarik 2.719 peserta dari 32 provinsi di seluruh Indonesia. Dengan diperluasnya kategori peserta untuk mahasiswa D1 hingga S1, diharapkan jumlah peserta tahun ini akan semakin meningkat.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk menjadi bagian dari inovasi masa depan energi Indonesia! 

Rangkaian Acara Pertamuda Seed and Scale 2024
  • - Open Call Pertamuda 2024 : 15 Agustus 2024
  • - Close Call Pertamuda 2024: 18 Oktober 2024

Pertamuda Workshop Series & Kick Off
  • - Workshop #1 di UGM: 5 September 2024
  • - Pertamuda Workshop Series #2 di UI: 10 September 2024
  • - Pertamuda Workshop Series #3 di UNDIP: 19 September 2024
  • - Online Workshop Series #4: 9 Oktober 2024

Komentar