nusabali

Pj Gubernur Kukuhkan Paskibraka Provinsi Bali 2024

  • www.nusabali.com-pj-gubernur-kukuhkan-paskibraka-provinsi-bali-2024

DENPASAR, NusaBali  - Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2024 dalam prosesi yang digelar di pelataran Monumen Perjuangan Rakyat Bali (Bajra Sandhi), Niti Mandala, Denpasar, Kamis (15/8) petang.

Pj Gubernur yang dalam kesempatan tersebut juga bertindak sebagai pembina upacara, mengukuhkan 72 pemuda dan pemudi yang akan bertugas dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang. Pengukuhan ditandai dengan pembacaan pernyataan pengukuhan oleh Pj Gubernur Bali yang dilanjutkan dengan penyematan lencana latihan kepemimpinan perintis dan kendit kepada I Gusti Ngurah Ari Andika Putra, selaku pimpinan pasukan. 

Sebelumnya, Ari Andika juga secara simbolis mencium bendera Merah Putih yang diiringi lagu 'Bagimu Negeri' serta pembacaan Ikrar Putra Indonesia. Pj Gubernur Mahendra Jaya usai prosesi pengukuhan langsung memberikan selamat dan menyalami satu per satu anggota Paskibraka Provinsi Bali sembari mengucapkan selamat bertugas pada Upacara Pengibaran Bendera dan Penurunan Bendera pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang jatuh, Sabtu (17/8) besok.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata menyampaikan prosesi pengukuhan ini diikuti oleh 72 pemuda dan pemudi terbaik hasil seleksi ketat dan telah menjalankan Diklat Pelatihan Paskibraka bertajuk 'Desa Bahagia'. 

"Formasi sekarang lengkap, pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45. Mereka berasal dari 9 kabupaten/kota secara merata dan secara kebetulan berasal dari lintas agama, beragam suku bangsa, dan mencerminkan tim Nusantara," ungkapnya. 

Selain baris-berbaris, keseluruhan anggota paskibraka tersebut dijelaskan Wiryanata juga telah diberikan pembekalan materi kebangsaan, nasionalisme dan Pancasila. 

"Sehingga kita harapkan adik-adik ini akan menjadi generasi penerus yang terbaik bagi bangsa dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik," tandasnya. Hadir dalam pengukuhan ini Kapolda Bali Irjen Pol Daniel Adityajaya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Komandan Korem (Danrem) 163/Wira Satya Brigjen TNI Ida Bagus Ketut Surya Wedana, Danlanal Denpasar Bali Kolonel Laut (P) Endra Kusuma, Komandan Lanud (Danlanud) I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Agni Prayogo dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Bali. 7 a

Komentar