nusabali

Putu Parwata Terima Audiensi Tokoh Desa Adat Tuka

Sekaligus Menerima Komunitas Seni Gong Padang

  • www.nusabali.com-putu-parwata-terima-audiensi-tokoh-desa-adat-tuka

MANGUPURA, NusaBali - Ketua sementara DPRD Badung Putu Parwata menerima dua audiensi dari tokoh masyarakat Desa Adat Tuka dan Komunitas Seni Gong Padang di ruang kerjanya, Kamis (15/8).

Dalam kedua pertemuan tersebut, Parwata menegaskan komitmennya sebagai wakil rakyat untuk mendukung seluruh aktivitas yang dapat memajukan masyarakat Badung, baik di bidang ekonomi, budaya, maupun sosial.

Pada audiensi pertama, tokoh masyarakat Desa Adat Tuka mengungkapkan rencana menggelar perayaan ulang tahun Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Tuka. Pewakilan masyarakat meminta kehadiran politisi asal Dalung, Kuta Selatan ini sebagai narasumber untuk memberikan pandangan mengenai pengembangan LPD, terutama dalam konteks digitalisasi dan pengembangan ekonomi desa berbasis teknologi. 

“Kami menerima tokoh masyarakat dari Desa Dalung, khususnya Desa Adat Tuka, yang akan mengadakan event ulang tahun LPD. Mereka meminta saya sebagai narasumber untuk membahas bagaimana memajukan LPD bersama komunitas masyarakat adat, agar proses-proses keuangan adat dapat lebih berkelanjutan melalui digitalisasi. Kami siap mendukung agar ekonomi desa bisa tumbuh dan berkembang,” ujar Parwata.

Audiensi kedua berasal dari Komunitas Seni Gong Padang, Kerobokan yang sedang mempersiapkan Lomba Baleganjur Ngarap se-Badung 2024, yang akan diselenggarakan pada 1 September 2024. Parwata menyatakan apresiasinya terhadap kreativitas anak muda Kerobokan dalam menciptakan inovasi baru dalam seni Baleganjur, yang bertujuan untuk memberikan suasana hikmat dalam prosesi Ngaben.

“Anak-anak muda dari Kerobokan menunjukkan kreativitas luar biasa dalam mengembangkan seni Baleganjur. Mereka menciptakan inovasi untuk memperindah prosesi Ngaben, dan kami di DPRD siap mendukung mereka, baik melalui bantuan finansial, konsumsi, maupun fasilitas pendukung lainnya. Generasi muda adalah tulang punggung pelestarian adat, tradisi, dan budaya kita,” kata Parwata. @ ind

Komentar