nusabali

Festival Indonesia Bertutur 2024 Diharapkan Beri Dampak Positif

  • www.nusabali.com-festival-indonesia-bertutur-2024-diharapkan-beri-dampak-positif

MANGUPURA, NusaBali - Gelaran Indonesia Bertutur 2024 yang dilaksanakan di kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, sejak Rabu (14/8) malam diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata.

Acara yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu dirancang untuk mempromosikan kekayaan budaya lokal melalui narasi dan pertunjukan seni, dalam upaya memperkuat identitas nasional di mata dunia.

“Budaya adalah sebuah konsep yang sangat bagus, dan para tamu sangat antusias dengan event ini. Ke depan, kami berharap Indonesia Bertutur dapat terus diselenggarakan di The Nusa Dua. Kami berharap acara ini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia pariwisata. Kita memang perlu banyak membuat acara-acara seperti ini,” ujar Direktur Utama ITDC Ari Respati, Rabu (14/8) sore.

Ari Respati menambahkan, tidak ingin kawasan The Nusa Dua hanya menjadi lokasi penyelenggaraan acara, tetapi juga melibatkan hotel-hotel di kawasan tersebut secara langsung. Rencana ke depan adalah melibatkan seluruh komponen hotel dalam acara serupa, termasuk mengajak para tamu hotel untuk turut serta. “Dengan demikian, ketika mereka (para tamu) kembali ke negaranya, mereka dapat menyampaikan kabar baik tentang Indonesia,” ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Festival Indonesia Bertutur 2024 menampilkan 100 karya seni melalui delapan program utama yang dirancang untuk memberikan pengalaman mendalam dan perspektif berbeda tentang kenyataan hidup saat ini dan di masa depan. Salah satu program unggulan adalah Anarta, yang merupakan program seni pertunjukan kontemporer yang menghadirkan karya-karya produksi baru berukuran besar. Program lainnya, Virama adalah pertunjukan musik yang merangkum dinamika dunia musik nasional dan internasional yang dikenal oleh masyarakat dari berbagai lapisan dan daerah. Sementara itu, Kiranamaya adalah festival cahaya, merupakan program interaktif yang menampilkan lima karya instalasi seni cahaya dari seniman Indonesia dan luar negeri. Selain seni dan musik, Indonesia Bertutur 2024 juga akan menyuguhkan berbagai kuliner masakan Nusantara. 7 ol3

Komentar