nusabali

Dinas Kesehatan Gianyar Pastikan Sasaran Riil PIN Polio Tercapai

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-gianyar-pastikan-sasaran-riil-pin-polio-tercapai

Anak-anak dan balita diberikan 2 tetes vaksin oleh Tim Kesehatan Puskemas.

GIANYAR, Nusantara
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bali, capaian Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dosis pertama di Kabupaten Gianyar 93,9%. Dari jumlah sasaran sebanyak 55.377 anak usia 0 sampai 7 tahun. Dosis pertama telah diteteskan terhadap 51.975 anak. Ada sebanyak 3.402 anak yang belum mendapatkan vaksin Polio. 

Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar Dra Ni Nyoman Ariyuni mengatakan, seluruh anak Gianyar sudah mendapatkan vaksin Polio. Selisih data terjadi karena ada perbedaan data antara Kabupaten Gianyar dan Provinsi Bali. Ariyuni memastikan sasaran riil PIN Polio di Gianyar telah tercapai. “Secara sasaran data riil sudah tercapai, yang belum tercapai secara sasaran Pusdatin. Ini karena ada gap sebesar 8.000-an antara data riil dan Pusdatin,” jelas Ariyuni, Kamis (15/8). 

Vaksin Polio dosis kedua sedang berlangsung. Pelaksana vaksin dilakukan di Posyandu setiap banjar. Berbagai upaya dilakukan agar tidak ada anak yang tercecer. Anak-anak yang dengan berbagai alasan tidak bisa hadir ke Posyandu akan dilakukan intervensi atau pendekatan ke rumah oleh para kader. “Dosis kedua on proses,” jelasnya. Pekan I PIN Polio dilaksanakan secara serentak sebagai upaya untuk mencegah virus Polio yang dapat berisiko menyebab kelumpuhan permanen. 

Sasarannya anak-anak  usia 0 sampai 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.  Imunisasi dilakukan sebanyak dua kali. Dalam kegiatan vaksin Polio anak-anak dan balita diberikan 2 tetes vaksin yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari Puskemas yang bertempat di tiap-tiap banjar. Rentang pemberian antar imunisasi selama dua minggu. Pemberian dosis pertama PIN Polio di Bali berlangsung pada 23-29 Juli 2024 dengan sweeping putaran pertama pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2024. Dosis kedua mulai 6-12 Agustus 2024 disertai sweeping putaran kedua pada 13-19 Agustus 2024. 7 nvi

Komentar