nusabali

Disdikpora Badung Ajak Siswa SD Kunjungi Museum Pasifika

Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

  • www.nusabali.com-disdikpora-badung-ajak-siswa-sd-kunjungi-museum-pasifika

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) kembali mengajak siswa Sekolah Dasar untuk belajar di luar kelas.

Setelah sebelumnya mengunjungi Green School, kali ini para siswa diajak untuk  mengunjungi Museum Pasifika Nusa Dua, Jumat (16/8).

Kunjungan ke Museum Pasifika diikuti sebanyak 80 orang siswa dan guru Sekolah Dasar. Kegiatan ini dalam rangka penyelenggaraan Badung Education Fair Tahun 2024 dan implementasi Kurikulum Merdeka. Rencananya Badung Education Fair 2024 akan dilaksanakan di Bulan Oktober tahun 2024.

Kepala Bidang Sekolah Dasar Disdikpora Badung, Rai Twistyanti Raharja menjelaskan, tujuan kunjungan ke museum seni terbesar di wilayah Asia Pasifik ini yakni agar para siswa tersebut bisa melihat secara langsung berbagai macam benda seni yang terdapat di dalam museum, dan dapat mengenali kawasan Nusa Dua sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Badung.

Lebih lanjut Rai Twistyanti menjelaskan, konsep merdeka belajar merupakan kurikulum yang baru dimana setiap siswa dapat belajar dengan berbagai media pembelajaran serta belajar bisa dari mana saja. Sistem belajar siswa tidak hanya terfokus di dalam ruang-ruang kelas.

“Museum Pasifika ini dipilih dalam agenda kunjungan siswa tersebut agar para siswa dapat melihat, dan merasakan secara langsung dengan seluruh  indranya. Jadi belajar tidak hanya melalui textbook saja. Para siswa dapat melepas penat sekaligus belajar,” ujarnya.

Rai Twistyanti berharap, melalui kunjungan ke Museum Pasifika ini para siswa dan guru bisa mendapatkan pengalaman yang menarik,  dan mengimplementasikan konsep merdeka  belajar.

“Yang kita harapkan itu, mereka bisa belajar di mana saja. Guru-guru nanti harus bisa mengarahkan siswanya apa yang bisa kita tangkap dari Museum Pasifika. Jadi ada banyak hal positif yang bisa dikembangkan di Sekolah nanti setelah kunjungan ke Museum Pasifika,” harapnya. ind

Komentar