nusabali

Bagnaia Menangi Sprint Race

Cetak Rekor, Jorge Martin Rebut Pole MotoGP Austria

  • www.nusabali.com-bagnaia-menangi-sprint-race

Pada balapan MotoGP Austria nanti, grid terdepan yang diisi tiga calon juara musim ini, yakni Martin, Bagnaia, dan juara dunia delapan kali Marc Marquez.

SPIELBERG, NusaBali
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco ‘Pecco’  Bagnaia sukses jadi pemenang sprint race MotoGP Austria 2024, di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (17/8) malam WITA. Dalam balapan 14 lap itu, duel sengit tersaji. Tetapi, Bagnaia akhirnya meraih kemenangan.

Di podium, Bagnaia ditemani Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Sedangkan Marc Marquez, yang nyaris naik podium harus terjatuh.

Balapan langsung berlangsung sengit sejak awal. Tiga pembalap di baris terdepan di garis start, yakni Jorge Martin di pole position, Francesco Bagnaia di posisi kedua, dan Marc Marquez di posisi ketiga, langsung tancap gas dan saling bersaing untuk memimpin balapan.

Bagnaia pun sempat memimpin di awal balapan, tetapi Jorge Martin langsung menyalipnya. Aksi salip-menyalip antara Pecco -sapaan akrab Bagnaia- dengan Jorge Martin pun terus tersaji di sepanjang lap pertama.

Tetapi akhirnya, Bagnaia bisa memimpin agak jauh. Marquez sendiri terus mengekor Bagnaia dan Martin di posisi ketiga. Sengitnya sprint race membuat adik sekaligus rekan setim Marc Marquez mengalami insiden. Alex Marquez yang tampaknya kehilangan kesempatan usai tak lama meninggalkan garis start, harus tergelincir.

Bagnaia terus nyaman memimpin. Dia terus dipepet Jorge Martin yang juga berambisi meraih kemenangan.  Namun nasib sial diraih Jorge Martin setelah itu. Dia terkena long lap penalty karena aksinya saat memotong di chicane pada lap kedua.

Kondisi ini membuat posisi Jorge Martin harus mundur. Dia ada di urutan kedua saat ini. Marc Marquez yang terus mengekornya pun mendapat keuntungan karena naik ke urutan kedua. Setelah mendapat penalti, Jorge Martin tak mengendurkan penampilannya. Dia malah makin ngotot karena mengejar finis di posisi terbaik.

Sebelumnya Jorge Martin memecahkan rekor lap, sekaligus  merebut posisi pole dalam Moto GP Austria, dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, juga Sabtu malam. Martin mencatat waktu terbaik 1 menit 27,748 detik. 

Rekor waktu ini menggeser catatan juara bertahan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia (Ducati Lenovo) yang sehari sebelumnya mencetak rekor lap baru untuk lintasan Austria dengan 1 menit 28,508 detik.

Yang menarik pada balapan mendatang adalah grid terdepan yang diisi tiga calon juara musim ini, yakni Martin, Bagnaia, dan juara dunia delapan kali Marc Marquez. Bagnaia dan Marc Marquez masing-masing terpaut 0,141 detik dan 0,544 detik dari pemimpin balapan sekaligus pemuncak klasemen musim ini, yakni Jorge Martin. 

Pertarungan ketat di antara ketiga pembalap Ducati itu disaingi pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro yang terpaut 0,052 detik saja dari Marquez.  Berikutnya dalam posisi lima besar adalah Jack Miller dari Red Bull KTM dengan catatan waktu terbaik 1 menit 28,546 detik. 

Lima pembalap lain dalam sepuluh besar adalah Maverick Vinales (Aprilia Racing), Enea Bastianini (Ducati Lenovo), Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing), Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46), dan wildcard Red Bull KTM Pol Espargaro.  *

Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2024:
  1. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
  2. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
  3. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
  4. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
  5. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
  6. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
  7. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
  8. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
  9. Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
  10. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16)
  11. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
  12. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
  13. Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
  14. Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
  15. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
  16. Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
  17. Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
  18. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
  19. Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
  20. Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
  21. Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
  22. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
  23. Stefan Bradl GER HRC Test Team (RC213V)
  24. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP24)

Komentar