nusabali

Sekda Adi Arnawa Lepas Jalan Santai Masyarakat Desa Bongkasa Pertiwi

  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-lepas-jalan-santai-masyarakat-desa-bongkasa-pertiwi
  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-lepas-jalan-santai-masyarakat-desa-bongkasa-pertiwi

MANGUPURA, NusaBali.com - Dalam rangka perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa melepas jalan santai sekaligus rembuk bersama tokoh masyarakat terkait pengembangan Desa Wisata Bongkasa, di Lapangan Desa Adat Karang Dalem I, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Minggu (18/8).

Sebagai wujud dukungan Sekda Adi Arnawa serahkan bantuan Pemkab Badung sebesar Rp 15 juta. Turut hadir Camat Abiansemal dan tripika, Perbekel Desa Bongkasa Pertiwi, Perbekel Desa Sangeh, Perbekel Desa Punggul, Mahasiswa KKN Universitas Udayana, Universitas Warmadewa, Universitas Bali Internasional dan para peserta jalan santai.  

Seusai melaksanakan jalan santai berkeliling seputaran Desa Bongkasa Pertiwi, acara juga dilanjutkan dengan sembari meninjau beberapa rumah warga yang memiliki potensi yang luar biasa diantaranya berupa penangkaran Burung Jalak Bali yang memiliki izin resmi, pembuatan biogas dari kotoran hewan dan sampah organik serta usaha pembuatan perhiasan perak. 


Sekda Adi Arnawa mengatakan bahwa di Badung ada potensi desa yang tidak kalah dengan Desa Penglipuran. Dengan melihat potensi yang ada di Desa Bongkasa Pertiwi ini, pihaknya terbesit ke depan ingin mewujudkan tidak hanya tampak depannya saja tetapi bagaimana penataan kawasannya, termasuk kesejahteraan masyarakatnya. 

“Desa ini memiliki potensi wisata yang besar karena memiliki kawasan yang sangat hijau serta masyarakatnya banyak bergerak di bidang home industri. Inilah contoh desa yang bisa mewujudkan Tri Hita Karana dan mudah-mudahan desa ini bisa dijadikan role model kedepan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Badung sebagai ekowisata yang berbasis lingkungan," ungkapnya.

Sementara itu Perbekel Desa Bongkasa Pertiwi I Nyoman Buda menyampaikan rasa bangga dan bahagia sudah berkenan hadir di Desa Bongkasa Pertiwi. Dilaporkan bahwa kegiatan jalan sehat adalah dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-79. Dilaporkan juga bahwa Desa Bongkasa Pertiwi juga memiliki inovasi mengelola sampah berbasis sumber menjaga kelestarian lingkungan yang ada di desa, penangkaran Burung Jalak Bali dan usaha pembuatan perhiasan perak.@ind

Komentar