nusabali

Bupati Tamba Ikuti Prosesi Ngebeji, Serangkaian Pujawali di Pura Jagatnatha

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-ikuti-prosesi-ngebeji-serangkaian-pujawali-di-pura-jagatnatha

NEGARA, NusaBali - Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengikuti prosesi ngebeji, serangkaian karya Pujawali di Pura Jagatnatha Jembrana. Prosesi ngebeji berlangsung pada Redite Pahing Gumbreg, Minggu (18/8) siang, ini juga dikuti sejumlah kepala OPD di Pemkab Jembrana, tokoh masyarakat, serta krama pangempon.

Ngebeji adalah prosesi penyucian diri dan berbagai perlengkapan upacara di sungai atau sumber mata air suci sebelum pelaksanaan prosesi ritual di pura. Prosesi ini sebagai simbol pembersihan lahir dan batin sebelum umat menghadapkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Proses ngebeji Ida Bhatara Pura Jagatnatha Jembrana ini berlangsung di taman beji belakang Pura Jagatnatha Jembrana. Namun untuk proses menuju taman beji, tetap diisi ngemedalan Ida Bhatara dari kori agung depan area Kebun Raya Jagatnatha ke jalan umum dengan rute melingkari Taman Pecangakan dan masuk lewat pintu barat menuju taman beji di belakang Pura Jagatnatha Jembrana.

Bupati Tamba menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya dapat terlibat langsung dalam prosesi sakral ini. "Ini adalah momen penting bagi kita semua untuk kembali menyucikan diri dan mempererat kebersamaan. Khususnya dalam menjalankan upacara keagamaan seperti piodalan di Pura Jagatnatha ini," ujar Bupati Tamba.

Prawartaka Karya I Kadek Suentra mengatakan, rangkaian pujawali di Pura Jagatnatha Jembrana diawali nuasen karya pada 14 Agustus. Sedangkan puncak piodalan akan jatuh pada Purnama Karo, Soma Pon Gumbreng, Senin (19/8). Seluruh rangkaian karya akan berakhir dengan upacara panyineban pada Rabu (21/8).

"Ida Batara nyejer sampai tanggal 21 Agustus nanti. Mudah-mudahan seluruh rangkaian acara piodalan ini dapat berlangsung dengan lancar dan memberikan makna spiritual diikuti seluruh umat Hindu," ujar Suentra.7ode

Komentar