nusabali

Cara BI Edukasi Transaksi Digital 'Berbasis' Keluarga

Casual Talkshow di Bali Digifest III 2024

  • www.nusabali.com-cara-bi-edukasi-transaksi-digital-berbasis-keluarga

DENPASAR, NusaBali - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KPwBI Bali) konsisten memberikan edukasi dan literasi keuangan, khususnya  digitalisasi dalam transaksi.  Salah satunya lewat event ‘Casual Talkshow’ bertema  ”Keluarga Digital Savvy : PeKA Bertransaksi, Aman Terlindungi!”.

Kegiatan ini merupakan serangkain Pekan QRIS Nasional (PQN) 2024 dan kolaborasi kegiatan Bali Digifest III 2024, (Jumat,16/8)bertempat di Gedung Ksirarnawa, Art Centre, Denpasar.

Advisor KPwBI Bali, Butet Linda H P, menyampaikan transformasi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

"Termasuk dalam hal bertransaksi.” Namun, lanjutnya di balik perkembangan digitalisasi yang pesat tersebut, masih terdapat risiko yang mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi digital.

Di sisi lain masih terdapat gap antara literasi dan inklusi keuangan di masyarakat sehingga meningkatkan risiko terjadinya kejahatan siber. Untuk itu BI hadir memberikan edukasi Pelindungan Konsumen yang berkelanjutan sehingga Konsumen Indonesia menjadi Cerdas dan Berdaya.

“Termasuk dalam mengambil tindakan preventif yang tepat, serta aman dalam bertransaksi digital,” ujarnya.

Tema ”Keluarga Digital Savyy : PeKA Bertransaksi, Aman Terlindungi!” diangkat karena adanya urgensi atas isu yang konsisten di masyarakat Indonesia terkait masih terbatasnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan/pelindungan data pribadi di era digital.

Keluarga Digital Savvy sendiri merujuk kepada keluarga yang tidak hanya memanfaatkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Namun  juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang cara menggunakan teknologi tersebut dengan aman, bijak, dan efektif.

Asisten Direktur KPwBI Bali, Ernawan Andreastanto menyampaikan  cakupan Pelindungan Konsumen Bank Indonesia adalah Konsumen dari Penyelenggara yang diatur dan diawasi oleh BI, dalam hal ini adalah di bidang sistem pembayaran, Kegiatan Layanan Uang (KLU), dan pihak yang melakukan kegiatan di pasar uang dan valuta asing.

Salah satu strategi kebijakan Pelindungan Konsumen BI adalah melalui kegiatan edukasi dan literasi konsumen.

Pelindungan Konsumen Bank Indonesia memiliki slogan PeKA yang merupakan singkatan dari Peduli, Kenali, dan Adukan. Slogan tersebut diluncurkan BI untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman Konsumen Indonesia tentang produk dan layanan keuangan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali sendiri memiliki program Pelindungan Konsumen berjudul “Eling Raga”.

“Eling Raga merupakan program yang diusung dalam rangka meningkatkan awareness dan pemahaman masyarakat Bali kewaspadaan dalam bertransaksi itu dimulai dari diri sendiri” ujar  Ernawan Andreastanto mengingatkan.

Bali Digifest III 2024 sendiri diikuti sekitar 500 orang perwakilan dari Desa Adat, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Pemuda/Pemudi dan Pelajar, serta instansi/lembaga terkait lainnya. k17.

Komentar