nusabali

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Di Munduk, Wisman Ikut Tarik Tambang

  • www.nusabali.com-peringatan-hut-kemerdekaan-ri-di-munduk-wisman-ikut-tarik-tambang

DENPASAR, NusaBali - Perayaaan HUT Kemerdekaan RI yang ke -79, Sabtu (17/8) mendapat apresiasi di kalangan wisatawan manca negara (wisman). Salah satunya di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Belasan wisatawan yang kebetulan sedang menginap di home stay, hotel dan vila di desa ini, ikut berpartisipasi. Antara lain ikut olahraga  tarik tambang dan lomba lari karung. Para wisman mengapresiasi dan ikut merasakan suasana kemeriahan HUT Kemerdekaan RI tersebut.

"Ini yang pertama kalinya, wisman ikut permainan HUT Kemerdekaan," ujar I Ketut Edi Astana, seorang pelaku usaha wisata di Desa Munduk. Sepanjang yang diketahuinya, belum pernah ada wisman yang ikut berpartisipasi ikut berbaur dengan warga ikut kegiatan HUT Kemerdekaan RI.

"Ini membanggakan 'orang asing' atau wisman juga menaruh rasa hormat pada kegiatan Hut Kemerdekaan RI yang ke -79 itu,” imbuhnya. Dari sisi pariwisata,  keikutsertaan wisman ikut kegaiatan HUT Kemerdekaan RI, juga membawa citra positif, promosi secara tak langsung.


"Bahwa  wisman bisa berbaur akrab dengan warga setempat. Menunjukkan keramah tamahan warga kepada wisatawan. Semoga tahun depan,bisa lebih ramai dan lebih meriah lagi," harap Edi Astana yang juga Ketua Ikatan Akomodasi Munduk (IAM). Salah satunya nanti bisa gelar lomba panjat pinang berhadiah. "Semoga makin banyak yang mendukung," kata Edi Astana.

Lomba lari karung dan tarik tambang, merupakan dua kegiatan olahraga yang digelar warga Munduk, salah satu desa wisata di Buleleng.  Kegiatan digelar di lapangan arena permainan gangsing, didekat Pura Puseh, Desa Adat Munduk. Wisman yang ikut perlombaan berasal dari Belgia, Prancis, Amerika Serikat, juga dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Hal itu tidak lepas dari karakter Desa Wisata Munduk, yang lebih digemari kalangan wisman sebagai salah satu destinasi wisata dan tempat menginap wisman. Terutama wisman Eropa.

"Okupansi juga lumayan antara 70 persen sampai 80 persen," tambah Edi Astana. Sebagai tambahan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng merupakan salah dari 239 desa wisata di Bali. Alam pegunungan yang sejuk dan segar plus daya tarik objek seperti Danau Tamblingan dan Air Terjun Munduk, adalah diantara alasan wisman memilih Munduk jadi tujuan wisata dan tinggal, selama berwisata di Bali.k17.

Komentar