nusabali

Pasangan Perseorangan di Karangasem Lolos

Tinggal Daftar ke KPU, Kari Subali-Ismaya Jaya Optimis

  • www.nusabali.com-pasangan-perseorangan-di-karangasem-lolos

Sambut keputusan KPU, Ismaya menyatakan hal ini sejarah di Karangasem pertama kali Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati dari jalur perseorangan

AMLAPURA, NusaBali
Pasangan I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya dinyatakan lolos sebagai bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Karangasem. Pasangan calon (Paslon) dari jalur perseorangan (Independen) ini ditetapkan melalui rapat pleno KPU Karangasem di Aula Sekretariat KPU Karangasem Jalan Bhayangkara 6 Amlapura, Minggu (18/8) pukul 15.00 Wita.

Rapat pleno KPU Karangasem dipimpin Ketua KPU I Putu Darma Budiasa, didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan I Wayan Suartika, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Sumber Daya Manusia I Kadek Sukara, dan Divisi Hukum dan Pengawasan I Gede Budana. KPU memutuskan pasangan I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya memenuhi syarat dukungan setelah melakukan verifikasi faktual tahap I dan tahap II dengan 33.128 dukungan, melebihi dukungan minimal 33.053 dukungan atau 8,5 persen dari 388.854 pemilih.

Dukungan tahap I sebanyak 23.125 dukungan dari 49.219 dukungan yang disetorkan 13 Mei 2024, dan tahap II sebanyak 10.003 dukungan dari 3.876 dukungan yang disetorkan. Total sebanyak 33.128 dukungan memenuhi syarat.

Dalam rapat pleno KPU Karangasem kemarin pasangan I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya hadir didampingi Ketua Tim Sukses I Ketut Rudia, dan Sekretaris Ngurah Gede Maharjana.

Ketua KPU Karangasem, Putu Darma Budiasa mengatakan setelah melakukan verifikasi faktual sebanyak dua tahap akhirnya 33.128 dukungan yang disetorkan Paket Karisma ini memenuhi syarat. “Syarat minimal sebanyak 33.053 dukungan, setelah dilakukan verifikasi melebihi dari dukungan minimal,” ujar Darma Budiasa.

Dukungan juga tersebar di delapan kecamatan. Pasangan ini selanjutkan mendaftar ke KPU Karangasem sebagai calon Bupati dan calon wakil Bupati pada 27-29 Agustus. “Lebih lanjut melakukan verifikasi secara administrasi sebagai syarat Cabup-Cawabup Karangasem,” tambahnya.

Verifikasi faktual yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat desa atau PPS (panitia pemungutan suara), PPK (panitia pemilihan kecamatan) hingga di tingkat KPU. Jumlah fotokopi KTP dukungan yang disetorkan diverifikasi yang akhirnya sebanyak 33.128 warga masyarakat pemilik KTP menyatakan mendukung. Pelaksanaan verifikasi diawasi Bawaslu Karangasem.

Bakal Cabup Wayan Kari Subali mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu Karangasem yang telah bekerja sungguh-sungguh. “Target berikutnya sudah pasti bikin menang, karena banyak dukungan. Caranya menang, karena telah berpengalaman dan telah banyak berbuat sosial,” ujar Kari Subali yang masih tercatat sebagai anggota DPRD Bali dari Partai NasDem masa bhakti 2019-2024 ini.

Kari Subali menambahkan kinerjanya telah diketahui masyarakat Karangasem. “Pokoknya buat Karangasem berubah 100 persen, kalau ada duit,” ucapnya tertawa. Kari Subali sendiri meniti karier sebagai anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP 1999-2004 dan 2004-2009, anggota DPRD Bali dari PNI Marhaenisme 2009-2014, dan dari Partai NasDem 2014-2019 dan 2019-2024.

Sementara bakal Cawabup I Ketut Putra Ismaya juga tak kalah semringah menyambut keputusan pleno KPU Karangasem. “Ini sejarah di Karangasem pertama kali calon Bupati dan calon Wakil Bupati Karangasem dari perseorangan,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Tim Pemenangan, I Ketut Rudia menyatakan pihaknya berterima kasih kepada KPU dan Bawaslu Karangasem dan masyarakat Karangasem yang secara sukarela memberikan dukungan. “Kami punya modal menang dengan dukungan awal 33.128 dukungan, tinggal mendaftar antara 27 Agustus hingga 29 Agustus. Kami masih mempersiapkan administrasinya,” jelas mantan Ketua Bawaslu Bali ini. 7 k16

Komentar