nusabali

Ketua PAMI Bali Juara Soekarno Run

  • www.nusabali.com-ketua-pami-bali-juara-soekarno-run

JAKARTA, NusaBali - Ketua Persatuan Atletik Master Indonesia (PAMI) Bali Osias Kamlase meraih juara pertama Soekarno Run 17 kilometer kategori master yang start dan finish berlangsung di Plaza Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8). Dia berada di posisi tersebut setelah mencatatkan waktu 1 jam 8 menit.

“Juara kedua Heri Priyono dengan catatan waktu 1 jam 15 menit, dan juara ketiga Suyono dengan waktu 1 jam 20 menitan,” ujar Osias kepada NusaBali usai pertandingan. 

Menurut Osias, kategori master diikuti peserta yang berusia di atas 50 tahun ke atas baik dari kalangan umum maupun mantan atlet.

Untuk mengikuti Soekarno Run, Osias tidak ada persiapan secara khusus. Dia hanya latihan seperti biasa dengan jogging secara rutin. Oleh karena itu, mantan atlet atletik Bali ini tidak mengalami kendala ketika mengikuti Soekarno Run. Padahal medan yang dia lalui cukup menantang.

“Ketika lari di sekitar kawasan Blok M, ada fly over atau lintasan menanjak. Itu saat di km 6, km 7, dan km 8. Kemudian belok dikit, melalui lintasan yang sama lagi atau di km 9 dan km 10. Lantaran sudah terbiasa, saya tidak ngos-ngosan,” papar Osias.

Osias sangat senang atas raihan juara pertama di Soekarno Run. “Terima kasih juga kepada panitia, karena jarang ada event yang memberikan hadiah uang tunai,” imbuh Osias. Di ajang Soekarno Run, sebagai juara I dia menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta. 

Sebelum mengikuti Soekarno Run, Osias dua pekan sebelumnya mengikuti Kejuaraan Atletik Master Salatiga Open 2024. Di sana, dia turun di 1.500 meter. Dia berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 4 menit 59 detik. Seminggu lalu dia berlaga di 5 km Gunung Wilis, Kediri, Jawa Timur.

“Di sana, saya juga meraih medali emas dengan catatan waktu 19 menit 38,16 detik,” kata Osias. 

Selanjutnya Osias akan mengikuti half marathon atau 21 km dalam rangka perayaan ulang tahun salah satu hotel di Samarinda, Kalimantan Timur pada Minggu (25/8). 

Soekarno Run yang mengambil tema Berlari di Atas Kaki Sendiri, Minggu (18/8), dibuka oleh Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Dia didampingi politikus Eriko Sotarduga, Krisdayanti, Wiryanti Sukamdani, dan Deddy Yevri Sitorus.

Pria kelahiran Jogjakarta itu mengatakan, tema Soekarno Run diambil agar pemuda dan pemudi harus menggelorakan semangat kemandirian.

“Mengapa temanya berlari di atas kaki sendiri? Sebab, ini menunjukkan spirit. Ini menunjukkan suatu kepercayaan empiris kita. Ini menunjukkan suatu keyakinan kita bahwa sejatinya pemuda dan pemudi Indonesia, pandu bangsa harus menggelorakan suatu semangat yang sama untuk berdiri di kaki sendiri,” kata Hasto.

Diketahui, PDIP membuat tiga kategori dalam Soekarno Run, yakni lomba untuk 17 kilometer, delapan kilometer, dan 4,5 kilometer. 7 k22

Komentar