nusabali

Polres Klungkung Simulasi Pengamanan Konflik

  • www.nusabali.com-polres-klungkung-simulasi-pengamanan-konflik

SEMARAPURA, NusaBali - Polres Klungkung menggelar simulasi pengamanan Pilkada 2024 di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Selasa (20/8). Dalam simulasi ini diskenariokan terjadi gangguan Kamtibmas pada saat pemungutan suara di TPS. Hal itu dipicu adanya selisih suara saat pemungutan suara.

Protes dari simpatisan dan saksi menyebabkan kerusuhan. Polres Klungkung menerjunkan personel yang berpatroli, pasukan Dalmas awal, dan pasukan Kompi Dalmas Lintas Ganti untuk menghadang masyarakat yang protes hasil pemungutan suara di TPS.

Kesigapan pasukan Dalmas awal, pasukan Kompi Dalmas Lintas Ganti Polres Klungkung, dan personel mobil AWC berhasil membubarkan massa. Kapolres Klungkung AKBP Alfons WP Letsoin mengatakan, simulasi berjalan dengan baik. “Harapan kami semoga yang kami simulasikan hari ini tidak terjadi di Kabupaten Klungkung sehingga Pilkada tahun 2024 berjalan aman, tertib, dan lancar,” harap AKBP Alfons.  

Hadir, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika, Ketua Pengadilan Negeri Semarapura AA Sagung Yuni Wulantrisna SH, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada, perwakilan KPU dan Bawaslu Klungkung, dan udangan lainnya. 

Jendrika mengucapkan terimakasih kepada Polres Klungkung karena telah melaksanakan simulasi sistem pengaman kota, kesiapsiagaan Polres Klungkung untuk mengantisipasi gangguan dalam tahapan Pilkada serentak tahun 2024. “Dalam pengamanan Pilkada ini perlu adanya sinergisitas antara instansi terkait dengan aparat kepolisian dan Kodim 1610/Klungkung,” ujar Jendrika. 7 wan

Komentar