nusabali

Karya Ngenteg Linggih di Pura Dalem Kebon Baleran Desa Adat Munggu

  • www.nusabali.com-karya-ngenteg-linggih-di-pura-dalem-kebon-baleran-desa-adat-munggu
  • www.nusabali.com-karya-ngenteg-linggih-di-pura-dalem-kebon-baleran-desa-adat-munggu

MANGUPURA, NusaBali.com - Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri Karya Dewa Yadnya Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit di Pura Dalem Kebon Baleran Banjar Sedahan, Desa Adat Munggu, Mengwi pada Buda Kliwon Gumbreg, Rabu (21/8). Sebagai bentuk komitmen pemerintah, Sekda Adi Arnawa menyerahkan secara simbolis dana hibah fisik bersumber dari Anggaran Perubahan Tahun 2023 sebesar Rp 1,2 miliar lebih yang diterima oleh Ketua Panitia.

Karya Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit dipuput oleh Ida Pedanda Griya Sidemen Pemaron, turut dihadiri Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Perbekel Munggu yang diwakili Sekretaris Desa Munggu, Ketua BPD Desa Munggu, Bendesa Adat Munggu, Kelian Adat Banjar Sedahan dan Banjar Pempatan serta krama pengempon pura.

Dalam sambrama wacanananya, Sekda Adi Arnawa menyampaikan rasa syukur dan berharap untuk tidak berhenti memohon anugerah dari Ida Sang Hyang Widhi, terutamanya Ida Bhatara Bhatari yang bersthana di Pura Dalem Kebon Baleran. Untuk diketahui, pura ini hanya diempon oleh enam Kepala Keluarga (KK) saja.

"Saya merasa bangga karena bisa metemu wirasa dan bertatap muka dengan krama pengempon pura. Walaupun jumlah pengempon berjumlah 6 kepala keluarga saja, tetapi jangan sampai mematahkan semangat. Pemerintah akan selalu hadir untuk membantu meringankan beban masyarakat melalui pola dan program-program dari pemerintah. Mudah mudahan atas berkat rahmat Beliau kita semua dilimpahkan kerahayuan terutamanya karya ngenteg linggih pedudusan alit berjalan lancar, sidapurna sida sidaning don," ucapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Made Tiasa mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sekda Adi Arnawa, karena sudah hadir dalam upaya pelestarian seni, budaya dan adat terutamanya dalam pelestarian bangunan pura melalui bantuan dana hibah sehingga bangunan pura ini bisa diselesaikan. 

"Saya selaku pengempon pura tentu masih berharap ke depannya pemerintah akan selalu hadir untuk memfasilitasi program terkait dengan kelanjutan penataan Pura Dalem Kebon Baleran sehingga tatanan Tri Mandala Pura dapat terwujud," harapnya.@ind

 

Komentar