nusabali

Infrastruktur Telekomunikasi Andal Lancarkan Upacara HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta

  • www.nusabali.com-infrastruktur-telekomunikasi-andal-lancarkan-upacara-hut-ke-79-ri-di-ikn-dan-jakarta

JAKARTA, NusaBali.com - Penyelenggaraan upacara HUT ke-79 Republik Indonesia untuk pertamakalinya di Ibu Kota Negara (IKN) berjalan lancar. Kombinasi upacara di dua lokasi, IKN dan Jakarta itu pun berlangsung sukses.

Kesuksesan ini tak lepas dari kontribusi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang  menyediakan infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang andal dan berkualitas tinggi.
Hal ini sekaligus menjadi bukti nyata kualitas konektivitas digital yang ditawarkan Telkom.

"Menjadi sebuah kehormatan bagi Telkom dapat berkontribusi langsung dalam perayaan HUT ke-79 RI di IKN. Telkom terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan nasional melalui penyediaan infrastruktur telekomunikasi terbaik dan inovatif. Kehadiran Telkom di IKN merupakan wujud dari komitmen tersebut, sekaligus mendukung visi pemerintah dalam pengembangan IKN sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian baru yang berkelanjutan," ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

Telkom telah mulai membangun infrastruktur telekomunikasi di IKN sejak tahun lalu dan siap digunakan dalam penyelenggaraan HUT ke-79 RI. Ini adalah langkah nyata Telkom sebagai BUMN yang berperan aktif dalam pembangunan nasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Upaya ini juga sejalan dengan komitmen Telkom dalam mempercepat transformasi digital dan pemerataan akses konektivitas di seluruh nusantara.

Infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang disiapkan Telkom di IKN meliputi jaringan berkapasitas 200 Gbps melalui tiga jalur (Batu Ampar, Sepaku, & Labangka) yang terhubung ke dua gateway internasional (Batam dan Manado), 23 data center, serta satu Hyperscale Data Center (HDC) di Cikarang. Selain itu, ada enam jalur in/out Kalimantan dengan landing points sistem kabel laut di tiga titik (Takisung, Sei Kakap, dan Sangatta), backup Satelit Merah Putih, layanan seluler dengan 55 BTS Telkomsel yang dapat melayani lebih dari 40 ribu pelanggan, serta dukungan keamanan berupa Next Generation Firewall dan DDoS Protection.

Untuk memastikan kesiapan seluruh infrastruktur, Telkom telah menggelar apel kesiapan yang dipimpin oleh Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko. Sebanyak 200 personil diterjunkan untuk melakukan pengawalan selama 24/7, dan Telkom juga membangun Nusantara Service Operation Center (NSOC) serta Telkom Smart Office di IKN, yang dilengkapi dengan sistem monitoring yang bekerja selama 24 jam.

Tidak hanya di IKN, Telkom juga menyiapkan infrastruktur dan layanan telekomunikasi untuk penyelenggaraan upacara di Istana Merdeka, Jakarta. Telkom melalui anak usahanya, Sea Today, bahkan dipercaya untuk bertanggung jawab dalam proses produksi TV Pool untuk seluruh rangkaian acara peringatan Kemerdekaan RI, sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat menyaksikan kemeriahan perayaan HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta.

Dengan kontribusi ini, Telkom berharap dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan infrastruktur digital yang semakin maju, serta terus menjadi garda terdepan dalam mendukung transformasi digital yang berkelanjutan di seluruh Nusantara.

Komentar