nusabali

Panitia Genjot Persiapan PON

  • www.nusabali.com-panitia-genjot-persiapan-pon

JAKARTA, NusaBali - Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, Suwarno menyebutkan, persiapan maksimal terus dilakukan Pengurus Besar (PB) PON di dua provinsi tersebut, untuk mensukseskan penyelenggaraannya pada 8-20 September.

Suwarno membeberkan, penyelenggaraan PON kali ini sejarah baru, karena dilakukan di dua provinsi sekaligus, sehingga persiapan tentu lebih ekstra dilakukan.

"Technical delegate juga sudah dibentuk guna berfungsi untuk mempersiapkan kualitas pertandingan, persiapan sudah dilakukan dari 2022, dan sudah ada dua Chef de Mission (CdM) dari masing-masing provinsi untuk membantu," kata Suwarno, di Jakarta, Rabu (21/8).

Suwarno juga membeberkan, dalam pelaksanaannya nanti sebanyak 10 kabupaten/kota dari masing-masing provinsi akan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan, karena memiliki venue yang dibutuhkan.

Menurutnya, persiapan teknis dan non teknis sudah hampir rampung menjelang pembukaan nanti. Bahkan, sepanjang 2023 pertandingan kualifikasi atau Pra PON juga sudah dilakukan.

Arena pertandingan, kata Soewarni, sudah dibangun dana dari APBD kedua provinsi dan pusat. Selain itu, teknis penyambutan kontingen dari seluruh Indonesia juga telah dipersiapkan, seperti penyediaan sekretariat khusus di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, bagi kontingen yang mendarat di Provinsi Sumatera Utara sebelum menuju ke Aceh.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak total 67, dengan pembagian 33 dipertandingkan di Aceh dan 34 di Sumatera Utara. Penyelenggaraan multi event olahraga nasional itu akan melibatkan lebih dari lima ribu atlet dan dua ribu lebih ofisial. ant

Komentar