nusabali

Jelang Apel Kesetiaan, Ribuan Anggota Banser - Ansor Jawa Timur Mulai Berdatangan ke Bali

  • www.nusabali.com-jelang-apel-kesetiaan-ribuan-anggota-banser-ansor-jawa-timur-mulai-berdatangan-ke-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Ribuan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Ansor asal Jawa Timur mulai berdatangan ke Pulau Bali pada Kamis (22/8/2024) untuk mengikuti Apel Kesetiaan yang dijadwalkan berlangsung pada 22-25 Agustus 2024. Kegiatan ini diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 15 ribu peserta.

Rombongan Banser dan Ansor dari berbagai kota di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Ponorogo, dan Madiun, tiba di Bali menggunakan bus pada Kamis pagi. Mengenakan atribut khas organisasi, mereka berkumpul di Lapangan Padanggalak, Sanur, Denpasar.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Addin Jauharudin, dalam siaran persnya pada Kamis (22/8/2024) menyatakan bahwa Apel Kesetiaan ini bertujuan untuk mengokohkan barisan generasi muda Nahdlatul Ulama (NU) dalam menghadapi tahun transisi pemerintahan Indonesia, sehingga proses transisi tersebut dapat berjalan dengan aman.

"Apel Kesetiaan ini juga sekaligus untuk merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia. Kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan agenda politik praktis mana pun, termasuk Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kebetulan digelar di Bali pada waktu bersamaan," tegas Addin.

Addin menambahkan bahwa dinamika yang terjadi di akar rumput belakangan ini memunculkan aksi-aksi yang berpotensi mengganggu marwah jam'iyyah NU. Menurutnya, situasi ini tidak bisa ditoleransi karena merusak tatanan organisasi dan merendahkan martabat para kiai NU.

"Banser dan Pagar Nusa (Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa) tidak akan tinggal diam jika marwah PBNU diganggu, atau kiai-kiai kami dihinakan. Apel Kesetiaan ini menjadi bukti bahwa Banser, Ansor, dan Pagar Nusa berada dalam satu komando dan satu barisan," tandas Addin.*isu


Komentar