nusabali

425 Baleganjur akan Iringi ‘Aman’ ke KPU

  • www.nusabali.com-425-baleganjur-akan-iringi-aman-ke-kpu

GIANYAR, NusaBali - Gemuruh riuh 425 baleganjur akan mengantarkan Paket Aman (Made ‘Agus’ Mahayastra-Anak Agung Gde Mayun) mendaftar sebagai Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Gianyar ke Kantor KPU Gianyar.

Paket Aman yang telah mengantongi rekomendasi dari DPP PDIP dan Partai Perindo ini rencananya melakukan pendaftaran, Kamis (29/8) pekan depan. 

Cabup Mahayastra mengatakan konsep pendaftaran dibalut dalam parade budaya. "Mirip dengan 5 tahun lalu, mungkin seluruh Bali pun sama karena budaya adalah warisan adiluhung. Di dalamnya ada unsur seni. Sentuhan budaya tentu membuat kita nyaman dan bergembira," jelas Mahayastra didampingi Cawabup Anak Agung Gde Mayun, Sekretaris DPC PDIP Gianyar Ketut Sudarsana dan Ketua Perindo Gianyar Ngakan Ketut Putra di Sekretariat DPC PDIP Gianyar usai rapat persiapan di Sekretariat DPC PDIP Gianyar, Jalan Banteng, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kamis (22/8). 

Dari 425 baleganjur, 5 di antaranya didukung dari Partai Perindo. "Dari laporan fraksi, PAC dan ranting terdata 420 baleganjur. Sukawati mengirim 94 baleganjur, Payangan 54, Tegallalang 52, Gianyar 57, Blahbatuh 61, Ubud 51, Tampaksiring 51. Lima lagi dari Perindo," jelas Mahayastra. Selain itu, akan ada persembahan kesenian plus kecak massal dari Sanggar Paripurna berkekuatan sekitar 700 seniman. "Ada Adi Merdangga juga, ada Grumbyungan dari Talepud dan Belong. Juga atraksi lainnya, dipersembahkan oleh Perindo kesenian khusus dari NTT dan juga komunitas lainnya mungkin akan menyusul," jelasnya. 

Diperkirakan ribuan orang akan memadati pusat Kota Gianyar dengan titik kumpul di Alun-alun Kota Gianyar. "Hampir semua lah banjar di Gianyar. Karena jumlah banjar di Gianyar kan 515 banjar. Yang tidak ikut itu ada yang belum punya gong, ada banjar yang bersatu, ada pas barengan ngaben," ungkapnya. Mahayastra juga mengaku DPC PDIP Gianyar tak mengeluarkan biaya untuk ribuan penabuh baleganjur itu. Hal ini akan menjadi bukti besarnya dukungan masyarakat untuk Gianyar Aman 2 periode. 

"Ini tanpa biaya, konsumsi pun mereka tanggung sendiri gotong-royong, mudah-mudahan nanti saat pemilihan, 27 November seperti itu harapan kita," ujarnya. Sebagai petahana yang telah membuktikan kinerja selama 5 tahun terakhir, Agus Mahayastra yakin kemenangan akan meningkat dari Pilkada 2018 lalu. "Meningkat 3% aja lah. Dulu 67,10%, sekarang tidak muluk-muluk kalau kita pasang target 70%. Masak setelah menjabat target turun, ndak mungkin pasang sama dari capaian 5 tahun lalu," tegasnya. 

Mahayastra meyakini target ini tercapai karena sudah melakukan survei kepuasan publik. Bisa menghadirkan 425 baleganjur ini pun sudah menjadi salah satu bentuk dukungan masyarakat. "Tidak mudah lho menghadirkan baleganjur. Itu kewenangan Banjar/Desa Adat, jadi kalau sudah ini keluar, seperti ini lah dukungan desa adat," ujar Mahayastra. Selain bersama Perindo, Mahayastra mengaku masih membuka peluang bergabungnya partai lain. Ketua Perindo Gianyar Ngakan Ketut Putra didaulat secara khusus menggaet partai lain. "Komunikasi politik kita terbuka dengan siapa saja. Yang paling cepat kebetulan Perindo. Perkembangannya nanti kita sangat terbuka. Nanti Perindo yang menjajaki partai lain," ujarnya. Sementara itu, Ngakan Putra mengaku bersemangat menyemarakkan pendaftaran nanti. Bahkan dirinya sudah memesan baju khusus untuk Sekaa Baleganjur dari Perindo bertuliskan Perindo Aman. 7 nvi

Komentar