nusabali

Polisi Bidik Tersangka Kasus Kebakaran Pasar Ubud

  • www.nusabali.com-polisi-bidik-tersangka-kasus-kebakaran-pasar-ubud

DENPASAR, NusaBali - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Bali dan Satreskrim Polres Gianyar bidik tersangka kasus kebakaran Pasar Rakyat Ubud, Gianyar.

Sampai saat ini penyidik menemukan beberapa petunjuk sebagai penyebab kebakaran yang menghanguskan 400 lapak pedagang di basement timur pasar tersebut. 

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan dikonfirmasi pada Kamis (22/8) mengatakan hingga saat ini dugaan penyebab kebakaran itu adalah hubungan pendek arus listrik di basement pasar tersebut. Hingga saat ini penyidik masih mendalami penyebab terjadinya korsleting listrik itu. 

"Kebakaran di Pasar Ubud sampai saat ini hasil pemeriksaan Labfor Polda Bali ditemukan dugaan kebakaran itu akibat korsleting listrik. Namun, Dit Reskrimum Polda Bali dan Polres Gianyar sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut," ungkap Kombes Jansen.

Mantan Kapolresta Denpasar ini mengungkapkan peristiwa kebakaran yang menimpa pasar tersebut terjadi untuk kedua kalinya. Sebelumnya, tahun 2016 pasar itu juga terbakar dengan dugaan korsleting listrik. "Peristiwa seperti ini bukan kali pertama. Tahun 2016 pasar tersebut juga terbakar. Nanti akan dilihat, apakah hubungan arus pendek listrik itu karena penyebab kelalain atau tidak. Bisa saja itu akibat kelalaian," lanjutnya. 

Dalam penyelidikan, penyidikan mencari tahu apakah petugas disana sudah benar melaksanakan tugasnya dengan baik atau tidak. Untuk mengarah ke sana penyidik masih melakukan pendalaman. Saat ini sudah ditemukan penyebab kebakaran karana hubungan arus pendek listrik. 

"Siapa yang bertanggungjawab di sini ? Petugasnya sudah melakukan pemeriksaan dengan baik atau tidak ?Kita harapkan harus ada efek jera. Tidak boleh terjadi lagi seperti ini," tegasnya.

Adapun barang bukti yang diamankan petugas adalah kabel dan material lainnya yang ada kaitannya dengan peristiwa tersebut. "Barang bukti itu diamankan dari basement pasar yang merupakan titik awal api," pungkasnya. 7 pol

Komentar