nusabali

Tabanan Bangun Tugu Singasana Rp 2,4 Miliar

  • www.nusabali.com-tabanan-bangun-tugu-singasana-rp-24-miliar

TABANAN, NusaBali - Pemkab Tabanan membangun Taman Tugu Singasana. Proyek tersebut dibangun di eks Kantor Kesbangpol dan Pemadam Kebakaran di Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan.

Pembangunan ini bagian dari menambah ruang terbuka hijau. Sebab selain membangun Tugu Singasana Tabanan telah merancang Taman Perjuangan. Pantauan di lapangan, Kamis (22/8), pembangunan Tugu Singasana sudah berproses. Alat berat telah membongkar bangunan lama. Sesuai papan proyek, pembangunan Tugu Singasana ini dianggarkan Rp 2,4 miliar dan proses pengerjaamya berlangsung 147 hari. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darmasaputra menjelaskan, taman itu mengusung konsep historis Kota Singasana. “Konsepnya beda dengan Taman Perjuangan. Taman Tugu Singasana memiliki konsep masa lalu, masa kini, dan masa depan,” jelasnya Kamis (22/8).

Disebutkan, sesuai desain di Taman Tugu Singasana ini bakal dibangun tugu besar. Kemudian dilengkapi dengan tempat duduk-duduk hingga basement. "Pembangunan basement itu karena permukaan lahannya punya perbedaan ketinggian. Jadi dimanfaatkan agar tidak banyak melakukan pengurugan,” beber Dedy Darmasaputra. 

Menurutnya, proses pembangunan Tugu Singasana ini akan dilakukan bertahap. Tahun 2024 ini fokus pengerjaannya pada penataan lahan, pembangunan tugu dan basement. Kalau finishing sementara ini belum, nanti di finising itu baru dilengkapi tempat duduk,"  tandasnya.7des

Komentar