nusabali

4 Mahasiswa Tersesat di Gunung Batukaru

  • www.nusabali.com-4-mahasiswa-tersesat-di-gunung-batukaru

TABANAN, NusaBali - Pendaki tersesat kembali terjadi di Gunung Batukaru,  kawasan Desa Wangaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan. Kini, empat mahasiswa asal Denpasar tersesat saat mendaki pada Kamis (22/8). Beruntung mereka ditemukan selamat di ketinggian gunung 1.775 mpdl.

Empat pendaki tersebut, I Made Satria Nadi Kusuma,19, David Hartawan,19, I Made Agus Satria Winanta, dan I Komang Rizki Putra Wibawa,19. Mereka mendaki Gunung Batukaru tanpa ditemani pemandu. 

Informasi yang dihimpun, empat pendaki itu sebelum tersesat, mendaki Kamis (22/8) pagi, lewat jalur Pupuan kawasan Banjar Margasari, Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan. Kemudian sekitar pukul 14.00 Wita dilaporkan tersesat. 

Kapolsek Pupuan AKP I Wayan Sudiarba mengatakan empat mahasiswa yang tersesat ini terjadi pada Kamis (22/8). Saat ini mereka telah pulang ke rumahnya masing-masing. "Mereka ditemukan dalam kondisi selamat Kamis malam. Mereka tersesat saat hendak mau turun," tegasnya, Jumat (23/8). 

Disebutkan, mereka mendaki tanpa menggunakan pemandu. Kemudian jalur yang dilalui tidak menggunakan jalur dari Pura Malen kawasan Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan. "Empat mahasiswa ini tidak ngajak pemandu. Padahal imbauan selalu kami sampaikan melalui pemerintah desa untuk mendaki melalui jalur yang sudah ditentukan," tegas AKP Sudiarba. 

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar I Nyoman Sidakarya mengatakan pihaknya mendapat laporan pukul 14.00 Wita. Selanjutnya melakukan koordinasi dengan Polsek Pupuan dan aparat desa untuk melakukan evakuasi. "Jadi sekitar 11 orang tim SAR gabungan memulai pendakian pada pukul 16.55 Wita, menuju lokasi diperkirakan korban berada," ujarnya. 

Setelah pencarian cukup lama, empat pemuda ini akhirnya berhasil ditemukan pada Kamis malam sekitar 20.45 Wita di ketinggian 1.775 mdpl dalam keadaan sehat. "Empat pendaki ini tersesat saat perjalanan turun setelah sebelumnya mendaki sejak Kamis pagi pukul 07.00 wita," beber Sidakarya. 

Sidakarya menambahkan upaya penyisiran juga melibatkan unsur SAR lainnya dari Polsek Pupuan, Kepala Dusun Pupuan, Bhuana Bali Rescue, Babhinkamtibmas, dan Babinsa Desa Pujungan serta pemandu lokal. "Mereka ditemukan dalam kondisi selamat dan sudah dijemput oleh keluarganya," tandasnya.7des

Komentar