nusabali

STY Tak Panggil Jordi dan Elkan Baggot

  • www.nusabali.com-sty-tak-panggil-jordi-dan-elkan-baggot

JAKARTA, NusaBali - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) memastikan tak memanggil pemain bertahan Jordi Amat dan Elkan Baggot dalam skuad Garuda untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga September mendatang. Sedangkan Pratama Arhan tetap dipanggil STY, meski jarang diturunkan klubnya, Suwon FC di Korea Selatan.

STY menjelaskan Jordi cedera saat tampil di Liga dan dipastikan tak pulih karena butuh waktu pemulihan empat minggu. Bahkan STY sudah telepon langsung Jordi Amat dan sudah diputuskan absen. Jordi cedera saat membela Johor Darul Takzim menghadapi Kedah Darul Aman FC, pada semifinal Piala FA Malaysia, 4 Agustus.

STY juga dipastikan kehilangan bek tengah Justin Hubner karena menjalani hukuman larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning. 

Meski kehilangan Jordi dan Justin, STY menutup memanggil Baggot  sebagai salah satu opsi di lini pertahanan Merah Putih. 

"Sama sekali tidak dipertimbangkan  (memanggil Baggot)," kata STY.

Lebih jauh STY juga tidak menjamin Maarten Paes otomatis dimainkan setelah dipastikan berseragam Merah Putih menjelang babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kiper FC Dallas di Liga Amerika Serikat itu harus tetap bersaing dengan Ernando Ari dan Nadeo Argawinata untuk memperebutkan posisi kiper utama. STY akan memilih posisi kiper dengan mempertimbangkan kondisi pemain dan performa saat latihan dan membela klub.

Selain itu, STY juga tetap memanggil Pratama Arhan, meski sempat ragu karena tak banyak dimainkan klubnya, Suwon FC, dalam Liga Korea Selatan. Eks pemain PSIS Semarang tersebut hanya memainkan satu laga bersama dengan Suwon FC pada Mei lalu saat bersua Jeju United.

Namun STY menegaskan tidak menjamin Arhan otomatis dimainkan di skuad Garuda mengingat persaingan di posisinya begitu ketat setelah hadirnya Calvin Verdonk dan Shayne Pattynama. 

Pelatih timnas itu sedang memantau sejumlah pemain yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia untuk menjalani laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September. 

Indonesia bertandang ke Stadion King Abdullah Sport City di Jeddah untuk menantang Arab Saudi pada 6 September pukul 02.00 WITA. Setelah itu menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 10 September. ant

Komentar