nusabali

Diskes Launching Posbindu PTM Pintas

  • www.nusabali.com-diskes-launching-posbindu-ptm-pintas

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika melaunching gerakan pengendalian penyakit prioritas Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan Klungkung di Mal Pelayanan Publik Klungkung, Jumat (23/8).

Jendrika mengatakan, penemuan dini PTM terutama di perkantoran dapat dilkembangkan melalui kegiatan Posbindu PTM program instansi (Pintas) berbasis karyawan perkantoran. Melalui kegiatan Posbindu PTM Pintas diharapkan perkantoran mampu mewujudkan kantor yang sehat, aman, dan nyaman serta karyawan yang sehat, selamat, bugar, berkinerja, dan produktif. “Mari bersama-sama berprilaku hidup sehat, atur pola makan, dan rajin berolahraga,” ujar Bupati Jendrika.

Kadis Kesehatan Klungkung melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ketut Ardana, mengatakan PTM dapat dicegah dengan mengendalikan faktor risiko perilaku hidup sehat seperti tidak merokok, konsumsi sayur dan buah lebih dari 5 porsi per hari, konsumsi garam tidak lebih dari 1 sendok teh per orang per hari, konsumsi gula tidak lebih dari 4 sendok makan per orang per hari, konsumsi lemak (minyak) tidak lebih dari 5 sendok makan per orang per hari, aktifitas fisik minimal 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali per minggu, tidak mengonsumsi alkohol, dan kendalikan stres.

Lingkungan yang sehat bebas polusi udara, kendaraan yang layak jalan, fasilitas umum untuk aktifitas fisik seperti tempat bermain dan olahraga. Menjaga kondisi tubuh seperti berat badan ideal, gula darah normal, kolesterol dan tekanan darah normal.

Meningkatnya kasus PTM secara signifikan diperkirakan akan menambah beban masyarakat dan pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar dan memerlukan teknologi tinggi. "Dibutuhkan komitmen bersama dalam menurunkan morbiditas, mortalitas, dan disabilitas PTM melalui intensifikasi pencegahan dan pengendalian menuju Indonesia Sehat," ujarnya.

Sehingga perlu adanya pemahaman yang optimal serta menyeluruh tentang besarnya permasalahan PTM dan faktor risikonya pada semua stakeholder di setiap jenjang pengambil kebijakan dan lini pelaksanaan, dan berbagai upaya sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung untuk memngimplementasikan program pemerintah. 7 wan

Komentar