nusabali

Demokrat Balik Arah Dukung Paket Aman

  • www.nusabali.com-demokrat-balik-arah-dukung-paket-aman

GIANYAR, NusaBali - Situasi politik di Gianyar jelang pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) di Pilkada Gianyar 2024 makin panas.

Partai Demokrat yang awalnya bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus mendukung Paket Agung Kakarsana-Tagel Arjana tiba-tiba berbalik arah mendukung Paket Aman (Made ‘Agus’ Mahayastra-Anak Agung Gde Mayun). Hal ini dipertegas dengan penyerahan rekomendasi Pilkada Gianyar dari DPP Demokrat yang diterima oleh bakal Cawabup AA Gde Mayun di Jakarta, Senin (26/8) malam. Rekomendasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Saat terima rekomendasi, Agung Mayun tampak didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Bali I Made Mudarta beserta jajaran hingga Ketua DPC Demokrat Gianyar Tjokorda Asmara Putra Sukawati (Cok Asmara). Kabar ini pun langsung disambut semringah oleh Cabup incumbent yang diusung PDIP Agus Mahayastra. "Demokrat resmi dukung aman di Pilkada Gianyar," ungkapnya kepada wartawan, Senin (26/8) malam. Agus Mahayastra mengucapkan syukur karena kerja kerasnya mendapatkan apresiasi dari Partai Demokrat. "Pertama tentu kita berterima kasih. Kerja keras pasangan Aman bisa diapresiasi oleh partai Demokrat dengan bukti memberikan dukungan untuk keberlanjutan pembangunan Gianyar 5 tahun ke depan," ujarnya. 

Ke depan dengan lebih banyak yang mendukung, Mahayastra yakin tentu Paket Aman lebih mudah lagi untuk lebih cepat menyelesaikan hal-hal yang lebih besar. Namun, Mahayastra sendiri tidak hadir saat penerimaan rekomendasi tersebut. Politikus asal Payangan ini mengaku berbagi tugas. "Saya menyiapkan pendaftaran tim pemenangan dan visi misi yang harus segera dikirim ke KPU," jelasnya. 
Sebelumnya pada, Minggu (25/8) Sekretaris DPC Demokrat Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra menyatakan memang ada baiknya Demokrat mendukung paket incumbent (Agus Mahayastra-AA Gde Mayun). 

Menurut Gus Gaga, Demokrat harus jeli menangkap aspirasi yang berkembang di masyarakat dan konstituen. Sebagai aktualisasi dari fungsi utama partai politik, yakni mengagregasi dan mengartikulasikan kepentingan arus bawah, melalui mekanisme komunikasi politik yang efektif dan komprehensif. Mantan Sekda Gianyar ini mengatakan semua gagasan dan pemikiran akan lebih mudah diakomodir ketika Demokrat berpihak pada Paket Aman yang diyakini kembali memenangkan Pilkada.

"Ada baiknya Demokrat mengambil posisi untuk ikut berpartisipasi terlibat langsung dalam Pemerintahan di Kabupaten Gianyar untuk 5 tahun ke depan, dengan cara mendukung paket Aman," ujarnya. Dengan ada di dalam Pemerintahan, semua gagasan dan pemikiran, akan lebih mudah untuk diakomodir. Maka dari itu, berkenaan dengan masa pendaftaran para kandidat Pilkada Gianyar sudah semakin dekat, Gus Gaga berharap Partai Demokrat jatuhkan rekomendasi ke Paket Aman. Sebagai kader Demokrat, Ida Bagus Gaga Adi Saputra berharap dalam satu dua hari ini ada keputusan pasti ke paket mana rekomendasi akan diberikan. Kepastian sikap ini menurutnya sangat urgen. Bahwa Pilkada pada dasarnya adalah menyangkut persepsi dan preferensi masyarakat terhadap kandidat. 

"Kita tidak bicara kualitas figur atau kandidat, sebab itu sangat relatif, karena dalam perspektif pemilihan langsung, kita bicara apa yang dimau oleh rakyat. Dan adalah tugas kita untuk cerdas menangkap aspirasi itu," jelasnya. Terlebih UU menyatakan seseorang bisa maju dan menjabat dua kali masa jabatan. Seperti diketahui, Paket Aman akan melakukan pendaftaran pada hari terakhir, Kamis (29/8) pagi dengan melibatkan gemuruh riuh ratusan sekaa balaganjur. Bahkan jumlah kini sudah mencapai 435 sekaa baleganjur. "Sudah banyak itu, kayaknya sudah habis gong yang ada di Gianyar," ujarnya sembari tertawa. 7 nvi

Komentar