nusabali

AQUA Dorong Pelestarian Lingkungan dalam Maybank Marathon 2024

  • www.nusabali.com-aqua-dorong-pelestarian-lingkungan-dalam-maybank-marathon-2024

GIANYAR, NusaBali.com - Maybank Marathon 2024 menghadirkan suasana berbeda dengan pelaksanaan start dan finish di Bali United Training Center, Gianyar. Lomba lari internasional berlabel ‘Elite Label’ dari World Athletics ini sukses digelar pada Minggu, 25 Agustus 2024, dengan melibatkan sekitar 13.000 peserta dari dalam dan luar negeri.

Tahun ini, Maybank Marathon tidak hanya sekadar ajang olahraga, tetapi juga menjadi platform untuk mengintegrasikan kegiatan keberlanjutan. Salah satu inisiatif yang dihadirkan adalah program carbon offset yang memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berkontribusi dalam mengurangi emisi selama acara berlangsung. 

Selain itu, AQUA, sebagai official water sponsor, menggandeng lebih dari 100 relawan Yayasan Malu Dong Buang Sampah Sembarangan untuk mengedukasi para pelari agar membuang sampah pada tempatnya dan mengumpulkan sampah di 29 water station.

Di area race village, AQUA juga menyediakan titik pengumpulan botol plastik yang akan didaur ulang oleh Eco Bali, perusahaan pengelolaan sampah lokal yang bekerja sama dengan penyelenggara Maybank Marathon. Melalui kampanye ini, AQUA mengajak seluruh peserta dan masyarakat untuk menjaga kebersihan Bali dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Widya Permana, Direktur Operasional PT Bank Maybank Indonesia, Tbk., yang juga bertindak sebagai Project Director Maybank Marathon 2024, menyampaikan apresiasi atas dukungan AQUA dalam penyelenggaraan acara ini. “Kami sangat mengapresiasi dukungan AQUA, termasuk upaya edukasi dan pengumpulan sampah yang menjadikan event ini ramah lingkungan,” ujar Widya.

Kolaborasi antara AQUA dan Maybank Marathon ini mencerminkan kepedulian sektor makanan-minuman dan perbankan dalam mendukung agenda keberlanjutan yang sejalan dengan strategi prioritas M25+ Maybank Group untuk menjadi pemimpin di bidang ESG di kawasan ASEAN. Sampah yang terkumpul akan didaur ulang menjadi kemasan botol AQUA dan produk plastik lainnya, sementara sampah non-plastik dan organik akan dikelola untuk dimanfaatkan kembali.

Sebagai official water sponsor, AQUA memastikan kebutuhan hidrasi peserta terpenuhi melalui distribusi air di sejumlah titik water station. Kehadiran AQUA sangat penting bagi para pelari, terutama untuk menjaga performa dan menghindari dehidrasi selama menempuh jarak maraton yang panjang. Selain itu, peserta juga diberikan opsi untuk menggunakan reusable silicone cup dan paper cup sebagai alternatif ramah lingkungan.

“AQUA bangga kembali menjadi bagian dari Maybank Marathon 2024, membantu memenuhi kebutuhan hidrasi peserta dengan air mineral yang berasal dari sumber alamiah terlindungi,” kata Arif Mujahidin, Direktur Corporate Communications Danone Indonesia. “Kami berharap upaya ini meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hidrasi saat berolahraga dan kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Inisiatif yang dilakukan AQUA dalam ajang Maybank Marathon 2024 merupakan bagian dari kampanye #BijakBerplastik, yang mendukung Gerakan Indonesia Bersih, termasuk di Pulau Bali, di mana lebih banyak sampah plastik telah berhasil dikumpulkan dan didaur ulang.

Komentar