nusabali

Bupati Tamba Ingin Bangkitkan Kewibawaan Puri Se-Jembrana

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-ingin-bangkitkan-kewibawaan-puri-se-jembrana

NEGARA, NusaBali - Para tokoh Puri di Kabupaten Jembrana hadir dalam acara tatap muka bersama Bupati I Nengah Tamba di Puri Agung Negara, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Minggu (25/8). Dalam pertemuan itu, Bupati Tamba menyampaikan keinginannya untuk membangkitkan kewibawaan Puri-Puri se-Jembrana sebagaimana puri yang ada di wilayah lainnya.

Tatap muka bersama Bupati Tamba ini diikuti tokoh dari sejumlah puri, di antaranya dari Puri Agung Negara, Puri Agung Jembrana, Puri Andul, Puri Kaleran, dan Pasameton Pratisentana Nararya Kresna Kepakisan Jembrana. “Besar harapan saya untuk bisa membangkitkan kewibawaan puri di Kabupaten Jembrana sebagaimana puri yang ada di wilayah kabupaten lainnya. Saya tentu tidak mampu sendiri melaksanakan ini. Harus kita diskusikan bagaimana untuk memulai ini,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba sangat yakin bahwa Puri-Puri di Jembrana bisa kembali mencapai kejayaan dan dikenal oleh dunia. Seperti halnya dulu saat berbagai negara di dunia datang ke Jembrana untuk bisa menguasai Jembrana, namun mendapat perlawanan sengit dari masyarakat dan sameton puri di Jembrana. “Puri di Jembrana mungkin sebelum Belanda datang ke Bali sudah dikenal di Eropa dan Asia. Jadi saya merasa berbangga sekali memiliki puri di Jembrana sebagai ikon yang kita mudah publikasikan ke dunia,” kata Bupati Tamba.

Bupati Tamba berupaya untuk bisa mengenalkan keberadaan puri di Jembrana baik kepada masyarakat Jembrana sendiri maupun kepada wisatawan. “Saya begitu menjadi bupati, melaksanakan diskusi di sini untuk bagaimana Puri Negara menjadi suatu ikon. Mungkin dari hal kecil terlebih dahulu seperti dokar Jembrana yang kita tempatkan di depan puri sebagai pangkalan dokar. Jadi apabila ada wisatawan yang ingin naik dokar, maka juga akan mengenal puri,” kata Bupati Tamba.


Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, ini juga menyampaikan tentang Jembrana Emas yang menjadi pedomannya melangkah bersama Pemkab Jembrana dan masyarakat setempat untuk mengantarkan Jembrana menjadi daerah yang maju. “Saya memohon kepada seluruh panglingsir puri untuk bisa mendukung Jembrana Emas yang merupakan bagian dari perjuangan kita bersama,” ujar Bupati Tamba. 

Penasihat Puri Agung Negara Anak Agung Made Antara Kusuma, mengatakan sudah membuka Puri Agung untuk dapat dikunjungi oleh masyarakat. Masyarakat bisa datang untuk mengetahui berbagai sejarah tentang Puri Agung Negara. “Mulai tahun 2019, pertama kali melaksanakan pameran atas prakarsa yowana Puri Agung Negara. Kami sepakat untuk membuka sepenuhnya Puri Agung Negara untuk masyarakat. Masyarakat bisa datang untuk melihat, khususnya tentang sejarah,” ujarnya.

Agung Antara juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Jembrana yang sudah memberikan perhatian kepada Puri-Puri di Jembrana dengan berbagai upaya untuk bisa memperkenalkan puri kepada masyarakat dan wisatawan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati. Walaupun dalam masa kepemimpinannya yang baru 3,5 tahun, sudah berusaha membangkitkan puri di Jembrana, khususnya Puri Agung Negara. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian Bapak Bupati kepada keluarga Puri,” tuturnya. @ ode

Komentar