nusabali

Bakar Sampah, Kebun dan Rumah Nyaris Terbakar

  • www.nusabali.com-bakar-sampah-kebun-dan-rumah-nyaris-terbakar

NEGARA, NusaBali - Keteledoran membakar sampah nyaris memicu kebakaran lahan kebun dan rumah di Banjar Anyar, Desa Batu Agung, Kecamatan Jembrana, Senin (26/8) siang. Beruntung api pembakaran sampah yang diketahui sempat membesar bisa segera ditangani petugas pemadam kebakaran.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) pada Satpol PP Jembrana I Kadek Rita Budhi Atmaja, mengatakan kebakaran di sebuah areal lahan kebun itu terjadi sekitar pukul 11.20 Wita. Kebakaran bermula saat pemilik kebun bernama Ida Ayu Putu Arini, 68, membakar sampah di kebun yang tepat di belakang rumahnya. 

Pembakaran sampah itu pun sempat ditinggalkan. Meskipun ditinggal sebentar, api yang semula kecil tiba-tiba membesar. “Pemilik rumah yang panik langsung meminta bantuan istri salah seorang anggota Damkar yang tinggal di sekitar lokasi. Begitu menerima laporan, petugas segera meluncur ke lokasi,” kata Budhi Atmaja.

Saat tiba di lokasi, api sempat merembet ke dahan kelapa kering yang tepat berada di atas lokasi pembakaran sampah. Api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 20 menit dengan mengerahkan 4 unit armada damkar dan menghabiskan 3.000 liter air. “Tidak ada korban jiwa maupun kerugian materi,” ucap Budhi Atmaja.

Berkaca dari kejadian itu, Budi Atmaja mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dan tidak sembarangan membakar sampah. Terutama saat musim kemarau seperti sekarang. “Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi kebakaran. Apalagi sekarang ini musim kering dan angin cukup kencang,” kata Budhi Atmaja. 7 ode

Komentar