nusabali

Catatan Nova usai Timnas U-17 Libas India, Ada Pemain Kena Star Syndrome

  • www.nusabali.com-catatan-nova-usai-timnas-u-17-libas-india-ada-pemain-kena-star-syndrome

GIANYAR, NusaBali - Timnas Indonesia U-17 menang 3-1 atas India, dalam pertandingan ujicoba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (25/8) malam.

Tiga gol Timnas U-17 dilesakkan Evandra Florasta lewat penalti menit ke-15, Fandi Ahmad Muzaki (51), dan Mochammad Mierza Firjatullah (62). Sedangkan gol India dilesakkan Levis Zangminlun (53). Kemenangan 3-1 itu tampaknya belum membuat puas Nova Arianto dan masih banyak catatan. Bahkan Nova mengatakan ada beberapa pemain di Timnas U-17 yang mulai besar kepala atau biasa dikatakan mulai terkena star syndrome.

"Hanya ada beberapa pemain saya yang mulai tinggi hati, mulai sombong. Ini sebenarnya jadi awal kehancuran mereka," tegas Nova usai laga.

Namun Nova tidak mau menyebut siapa pemain yang dimaksud. Menurutnya, semua pemain harus bekerja keras seperti saat belum bermain di Piala AFF U-16. Dia berharap, star syndrome seperti ini tidak terjadi lagi dan semua pemain perlu introspeksi diri.

Terlepas dari htersebut, Nova menjelaskan bahwa masih ada catatan yang perlu diperbaiki. Konsentrasi dan komunikasi di lini belakang menjadi catatan serius yang harus diperbaiki oleh Nova. Setidaknya perbaikan sudah terlihat saat uji coba kedua menghadapi India pada Selasa (27/8) malam nanti.

Di samping itu, komunikasi antar pemain belum 100 persen padu. Seperti saat Dafa Al Gazemi yang terlambat menutup pergerakan bola di kotak penalti pada menit akhir pertandingan. Evaluasi menurut Nova harus segera dilakukan.

"Yang pasti fokus pemain dapat dilihat. Di babak pertama dan kedua ada kesalahan sendiri. Anak-anak harus bisa mengatur ritme pertandingan. Transisi juga diperlukan. Saya inginnya setelah mendapatkan bola, bawa kedepan. Tetapi banyak kehilangan bola dan ini jadi catatan kami," beber anak kandung eks pelatih Timnas Sartono Anwar itu.

Sebab di kualifikasi Piala Asia U-17 pada Oktober, level permainan lawan di fase grup akan jauh berbeda. Menurut catatan Nova, beberapa komunikasi pemain tidak berjalan baik. Level di kualifikasi Piala Asia u-17 nanti akan berbeda dan pasti negara di atas timnya. 

“Saya Minta semua pemain untuk berkomunikasi lebih baik lagi kedepannya agar kejadian seperti ini tidak terulang," tegas Nova.

Sementara Pelatih India Ishfaq Ahmed menjelaskan, ujicoba melawan Timnas U-17 menjadi awal yang penting. Sebab India di grup D bersama tuan rumah Thailand, Brunei Darussalam, dan Turkmenistan.

"Menghadapi Timnas Indonesia, menjadi pengalaman yang sangat berharga. Mungkin mereka ada di level permainan yang sama dengan Indonesia. Dengan hasil ini, kami bisa melakukan peningkatan permainan," kata Ahmed.*

Komentar