nusabali

PON Dibuka dan Ditutup Presiden

  • www.nusabali.com-pon-dibuka-dan-ditutup-presiden

JAKARTA, NusaBali - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akan dibuka resmi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 9 September 2024 bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41.

"Presiden Jokowi tidak hanya membuka acara, tetapi juga sekaligus akan menutup PON XXI di Stadion Utama Sumatera Utara di Deli Serdang, Sumatera Utara," kata Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, dalam rilisnya, Senin (26/8).

Selain Presiden, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, juga dijadwalkan hadir dalam upacara penutupan.

"Pembukaan semula direncanakan pada 8 September, tetapi sesuai arahan Presiden, pelaksanaan diubah menjadi 9 September di Stadion Harapan Bangsa," ujar Marciano.

Marciano juga  menambahkan, stadion tersebut siap digunakan untuk mendukung jalannya acara. Sedangkan terkait persiapan arena, Marciano juga menegaskan saat ini hampir rampung secara keseluruhan.

"Pembangunan memang ada yang masih berlangsung dan mencapai lebih dari 90 persen. Kami optimis semua venue akan selesai tepat waktu," kata Marciano.

KONI Pusat melalui Panitia Pengawasan dan Pengarahan (Panwasrah) memiliki beberapa tugas utama, termasuk penyusunan cabang olahraga, nomor pertandingan, dan kuota atlet.

Mereka juga bertanggung jawab atas peralatan pertandingan di arena, pelaksanaan pembangunan dan renovasi arena pertandingan, penyusunan Technical Handbook (THB), serta pendaftaran peserta PON XXI.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan mempertandingkan 65 cabang olahraga (cabor), dengan Aceh menggelar 33 cabor yang melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial. Sedangkan Sumatera Utara menggelar 34 cabor dengan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial. Seluruh atlet akan bertanding dalam 1.042 nomor pertandingan yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara. ant

Komentar