nusabali

Adi-Cipta Diantar Moge, GP Diiringi Hanoman, Suya-Dinata Parade Budaya

Kesiapan Parpol Daftarkan Kandidat ke KPU

  • www.nusabali.com-adi-cipta-diantar-moge-gp-diiringi-hanoman-suya-dinata-parade-budaya

AMLAPURA, NusaBali - Pendaftaran kandidat calon kepala daerah ke KPU sesuai dengan tingkatannya bakal ramai. Pasangan Cabup-Cawabup Karangasem yang diusung NasDem, I Gusti Putu Parwata-Pandu Prapanca Lagosa (GP) bakal diantar Penari Hanoman dan Rudat ke KPU Karangasem, Selasa (27/8).

Sementara pasangan Cabup-Cawabup Badung I Wayan Adi Arnawa- I Bagus Alit Sucipta (Adi-Cipta) yang diusung PDIP bakal mendaftar diantar Motor Gede (Moge) ke KPU Badung, Kamis (29/8) pagi.

Ketua Tim Pemenangan pasangan GP untuk Pilkada Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana memutuskan, paket GP hanya diusung Partai NasDem menyusul belum adanya kepastian rekomendasi dari Partai Golkar dan NasDem. Dalam pertemuan tim pemenangan GP di Karangasem, 

Senin (26/8) malam terungkap, karena belum ada kepastian rekomendasi dari Partai Demokrat dan Partai Golkar untuk GP maka diputuskan koalisi dengan kedua parpol tersebut batal.

Apalagi, sesuai keputusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024, NasDem memenuhi syarat mengusung paslon secara mandiri. Salah satu bunyi keputusan MK, untuk jumlah penduduk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) 250.000 jiwa-500.000 jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 8,5 persen dari DPT di kabupaten/kota tersebut.

DPT di Karangasem 388.854 pemilih dan Partai NasDem memperoleh 41.395 suara sah (10,64) persen suara. “Makanya kami sepakat mengusung paket GP, hanya melalui Partai NasDem. Partai NasDem kan hanya mengantar ke KPU, lebih lanjut relawan dan kader partai yang lebih optimal bekerja untuk mencapai kemenangan,” jelas I Gede Krisna Adi Widana.

Sementara pasangan Adi-Cipta akan mendaftar pada Kamis (29/8) diantar pasukan Moge. Pasangan Adi-Cipta dijadwalkan datang ke KPU Badung pukul 09.00 Wita. Sekretaris Tim Pemenang Paket Adi Cipta, Putu Parwata mengungkapkan, saat pendaftaran dilakukan, pasangan Adi Cipta akan diiringi dengan parade budaya. “Parade budaya yang akan dilaksanakan seperti penampilan Baleganjur, Tari Topeng, Barong Sai, Okokan dan yang lainnya,” ujar Parwata.

Tidak hanya itu, saat pendaftaran juga akan akan diiringi rombongan Komunitas Moge khususnya Harley dan juga mobil Jeep. Persiapan pendaftaran sendiri akan dilaksanakan di Kantor DPC PDI Perjuangan Badung menuju Kantor KPU Badung. “Nantinya akan ada Komunitas Harley, juga akan mengantarkan termasuk Komunitas Jeep. Ini membuktikan jika PDI Perjuangan di Badung tetap solid,” tegas Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung ini. 

Sementara koalisi Golkar-Gerindra-NasDem-PSI yang mengusung I Wayan Suyasa-I Putu Alit Yandinata (Suyadinata) juga dijadwalkan mendaftarkan diri di hari terakhir, pukul 14.00 Wita. Suyasa mengatakan, untuk pendaftaran rencananya akan dilakukan pendaftaran 29 Agustus 2024 pada pukul 15.00 Wita dan diiringi parade budaya. “Rencana mendaftar tanggal 29 jam tiga sore. Untuk deklarasi kami akan rencanakan tanggal 28 Agustus 2024 yakni deklarasi  koalisi Masyarakat Badung. Jadi figur kita ini berkoalisi dengan masyarakat Badung. Kami akan deklarasi di Desa Penarungan,” ujar Suyasa, Senin. K16, ind

Komentar