nusabali

8 Bidang Plat Jembatan Kuning Rusak

  • www.nusabali.com-8-bidang-plat-jembatan-kuning-rusak

SEMARAPURA, NusaBali - Jembatan Kuning yang menghubungkan Nusa Ceningan-Nusa Lembongan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung kembali diperbaiki. Penyebabnya, 8 bidang plat jembatan mengalami kerusakan akibat korosi.

Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Klungkung, Made Jati Laksana, mengatakan perbaikan dilakukan sejak Senin (26/8). Hingga Selasa (27/8) masih proses perbaikan. Perbaikan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin yang dianggarkan selama setahun sebesar Rp 200 juta. "Mudah-mudahan hari ini selesai," ujar Jati Laksana.

Perbaikan jembatan akibat mengalami korosi karena besi yang terkena air laut cepat mengalami korosi. "Perbaikan dilakukan pada kedua sisi yang dianggap urgent, ada 8 bidang jembatan yang platnya diganti," ujar Jati Laksana.

Selama perbaikan akses jembatan ditutup untuk sepeda motor, pejalan kaki masih bisa lewat. "Tapi harus pelan-pelan dan berhati-hati karena melewati orang yang sedang bekerja," ujar Jati Laksana.

Sepeti diketahui Jembatan Kuning untuk penyeberangan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, Klungkung mendadak ambruk, Minggu (16/10/2016) sekitar pukul 18.10 Wita. Akibatnya, 8 pamedek (umat yang hendak sembahyang ke pura) tewas, 37 korban lainnya terluka. Jembatan yang dibangun era 1990-an ini ambruk karena beberapa tali sling sudah putus sejak lama. Akhirnya jembatan itu kembali dibangun dan bagian jembatan gantung menggunakan bahan baja. 7 wan

Komentar