nusabali

Putu Sutha Lengkap Miliki Medali Marathon Bali

  • www.nusabali.com-putu-sutha-lengkap-miliki-medali-marathon-bali

JAKARTA, NusaBali - Penyanyi Putu Sutha Natha Wijaya sukses mengikuti 10 km Maybank Marathon 2024 Bali yang berlangsung di Kabupaten Gianyar, Minggu (25/8). Keberhasilan Sutha finish di kategori tersebut, membuat dirinya lengkap memiliki medali berbagai kategori marathon Bali. Medali itu, Sutha simpan dengan baik sebagai kenang-kenangan.

"Kemarin saya mengikuti 10 km marathon Bali, agar memiliki medali di semua kategori. Sekarang medali saya lengkap dari marathon Bali. Medali saya jadikan kenang-kenangan dan pengingat apa yang saya mulai di marathon Bali, sudah saya selesaikan," ujar Sutha kepada NusaBali, Selasa (27/8).

Menurut Sutha, marathon Bali ada tiga kategori yakni 10 km, half marathon (21,1 km) dan full marathon (42,195 km). Tahun 2023 lalu, Sutha telah mengikuti full marathon. Sementara tahun 2022, dia turun di half marathon. Untuk itu, di tahun 2024 dia mengikuti 10 km dengan catatan waktu satu jam 16 menit 30 detik.

Torehan waktu itu, lebih baik dari 10 km yang pernah dia ikuti. "Saya bersyukur sekali mengikuti marathon Bali 2024, karena mencapai personal best time. Waktu mengikuti 10 km Lazada Run 2023 lalu di BSD, Kota Tangerang Selatan, catatan waktu saya satu jam 21 menit," terang Sutha.

Untuk mempertajam waktu tersebut, Sutha tidak ada persiapan khusus. Dia hanya melalukan latihan secara rutin. Start dan finish marathon Bali ditahun 2024 berbeda dengan tahun 2023. Tahun lalu berlangsung di Bali Safari, Kabupaten Gianyar. Sekarang, kata Sutha, di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar.

Ketika lomba berlangsung, cuaca sangat mendukung. "Karena cuacanya mendung, lalu saat lari 10 km hanya gerimis. Kondisi itu, bagi para pelari bukan sebuah halangan. Melainkan berkah bagi kami," terang Sutha. Sementara mengenai lokasi, Sutha menilai, kali ini lebih menantang. Sebab, banyak tanjakan.

Bahkan, 2 km sebelum finish ada tanjakan pula. "Kalau latihan pas-pasan akan sulit melaluinya, tetapi jika rutin berlatih mudah melewati. Saya kemarin lancar melewati tanjakan-tanjakan yang ada," ucap Sutha. Terlebih sang istri, Cynara Diniarti telah siap menyambut Sutha di garis finish.

Dengan lengkapnya medali Sutha di marathon Bali, tahun depan dia tidak terlalu memasang target mengikuti lagi. Dia akan melihat situasi dan kondisi dahulu. Sutha sendiri berada di Bali sejak Jumat (23/8). Usai mengikuti marathon Bali, dia gunakan waktu untuk istirahat. Dia berencana berada di kediamannya di Denpasar Barat hingga Rabu (28/8). 7 k22

Komentar