nusabali

Sekarini Kandidat PAW Alit Yandinata di DPRD Badung

  • www.nusabali.com-sekarini-kandidat-paw-alit-yandinata-di-dprd-badung

MANGUPURA, NusaBali - Pasca pemecatan I Putu Alit Yandinata dari PDI Perjuangan lantaran membelot ke Partai Gerindra dan maju sebagai Cawabup Badung di Pilkada 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Badung menyiapkan pengganti Alit Yandinata di DPRD. Adalah Ni Luh Putu Sekarini disiapkan sebagai kandidat Pengganti Antar Waktu (PAW) Alit Yandinata sebagai Anggota DPRD Badung Dapil (Daerah Pemilihan) Abiansemal.

Sekarini sendiri merupakan calon legislatif (caleg) berstatus incumbent dari PDIP Dapil Abiansemal pada Pileg 2024 lalu. Kala itu, Srikandi PDIP asal Desa Darmasaba ini hanya meraup sebanyak 2.215 suara. Dia menjadi peraih suara terbanyak berikutnya dari caleg-caleg PDI Perjuangan Dapil Abiansemal yang lolos dan telah dilantik sebagai Anggota DPRD Badung pada 5 Agustus lalu.

Sekretaris DPC PDIP Badung, Putu Parwata mengungkapkan, saat ini pengunduran diri Alit Yandinata sebagai kader PDIP tengah diproses. “Ya, untuk pemecatan Bapak Putu Alit Yandinata sudah diproses di DPC,” ujar Parwata, Selasa (27/8).

Selain itu, kata Parwata, DPC PDIP Badung juga sedang memproses penggantian Alit Yandinata di keanggotaan DPRD Badung. Kata dia, DPC PDIP Badung akan menyurati Gubernur Bali melalui Bupati Badung untuk pemberhentian Alit Yandinata dan pengangkatan Sekarini sebagai PAW DPRD Badung periode 2024-2029. “Untuk PAW sudah diproses untuk diajukan ke Gubernur lewat Bupati Badung. Nanti PAW nya adalah Ibu Sekarini,” kata Parwata.

Sementara itu Ketua KPU Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra membenarkan bila secara hitung-hitungan suara sah Pileg 2024 Dapil Abiansemal, Sekarini merupakan peraih suara sah terbanyak berikutnya yang lolos ke DPRD Badung. “Ya, untuk peraih suara sah berikutnya di Dapil Abiansemal untuk PDI Perjuangan adalah Bu Sekarini,” ucapnya.

Namun untuk masalah PAW, Yusa Arsana menyatakan bahwa itu adalah urusan partai politik. Pihaknya sendiri tidak ikut campur dalam urusan PAW. “Kalau soal PAW Bapak Putu Alit Yandinata itu kewenangan parpol. Begitu juga siapa penggantinya. Kita di KPU Badung hanya menyampaikan bahwa untuk perolehan suara sah terbanyak berikutnya untuk caleg PDIP Dapil Abiansemal adalah Ibu Sekarini,” kata komisioner asal Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan ini.ind

Komentar