nusabali

Pj Bupati Jendrika Ikut Rapat Tim TPKP Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-pj-bupati-jendrika-ikut-rapat-tim-tpkp-provinsi-bali

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengikuti rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Bali Tahun 2024 di Ruang Rapat Cempaka Bappeda Bali, Rabu (28/8).

Rapat ini untuk menyatukan persepsi dan memperkuat kolaborasi masing-masing TKPK kabupaten/kota se-Bali dalam menanggulangi kemiskinan. Hadir, Kepala Bappeda Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra, Kepala Bappeda Klungkung I Ketut Arie Gunawan, dan undangan lainnya. 

Jendrika mengatakan, di tahun 2021 angka kemiskinan ekstrem di Klungkung sebesar 1.51 persen. Tahun 2022 sebesar 0.48 persen dan tahun 2023 sebesar 0.03 persen. “Pada tahun 2024 Pemkab Klungkung sangat konsisten dan serius menurunkan angka kemiskinan,” ujar Jendrika. Berbagai upaya sudah dilakukan dalam mengentaskan kemiskinan, di antaranya peningkatan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin. Salah satunya dengan program pelatihan spa kepada 20 orang pada April 2024 lalu. 

Meminimalkan wilayah kantong kemiskinan melalui pembangunan sanitasi bagi KK miskin, program angkutan siswa gratis, dan memfasilitasi lahan perumahan bagi penerima manfaat (36 rumah deret Kementerian Sosial). “Strategi penanggulangan kemiskinan inilah yang kami lakukan di Klungkung. Mudah-mudahan dengan upaya ini nantinya bisa mengentaskan angka kemiskinan,” harapnya. 

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bali I Dewa Gede Mahendra Putra berharap nantinya masing-masing kepala daerah kabupaten/kota se-Bali bisa bersinergi dan berkolaborasi yang kuat untuk menuntaskan kemiskinan. Pj Gubernur meminta membuat tim work penanggulangan kemiskinan yang solid untuk merancang maupun menjalankan program yang sudah berjalan. @ wan

Komentar