nusabali

Adi Arnawa Sambangi Puri Agung Jro Kuta dan Puri Satria

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-sambangi-puri-agung-jro-kuta-dan-puri-satria

MANGUPURA, NusaBali - Bakal Calon Bupati Badung, I Wayan Adi Arnawa melakukan kunjungan penting sekaligus matur piuning ke Puri Agung Jro Kuta dan Puri Satria Denpasar, untuk meminta restu dan dukungan dari para panglingsir puri pada, Senin (27/8).

Kunjungan ini diawali dengan sambutan hangat di Puri Agung Jro Kuta, di mana Politisi asal Desa Pecatu, Kuta Selatan ini diterima langsung oleh Panglingsir Puri Agung Jro Kuta yang juga Pangempon Pura Luhur Uluwatu, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya atau yang akrab disapa Turah Joko. 

Dalam suasana yang penuh keakraban, Adi Arnawa menyampaikan niat baiknya untuk maju dalam Pilkada Badung 2024. Bakal Calon Bupati Badung dari PDIP ini didampingi oleh Bendesa Adat Pecatu I Made Sumerta yang juga anggota DPRD Badung masa bakti 2024-2029, sejumlah tokoh Desa Adat Pecatu, dan pangemong Pura Luhur Uluwatu, Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. 

Turah Joko mengungkapkan rasa bahagianya atas perjalanan politik Adi Arnawa yang dinilai sebagai sebuah kehormatan bagi kawasan Badung Selatan. “Garcita pisan ring rahina puniki (bahagia sekali hari ini-red). Ini merupakan perjalanan dari Pak Adi, bukan karena tiang (saya). Tiang ring puri mendukung sekala niskala, meski tidak punya KTP (KTP Badung-red). Tunas tiang ring Sameton Uluwatu, tiang niki sane madue adi,” ungkapnya ditemui di Puri Agung Jrokuta Denpasar pada, Selasa (27/8) pagi.

Turah Joko juga menitipkan pesan penting kepada Adi Arnawa untuk terus menjaga dan melestarikan kesucian serta kelestarian Uluwatu. Dia mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Adi Arnawa dalam menata kawasan Pura Luhur Uluwatu dan berharap agar upaya ini terus berlanjut demi kesejahteraan masyarakat Badung.

Setelah melakukan kunjungan sekaligus matur piuning di Puri Agung Jrokuta, Adi Arnawa yang didampingi Istri Ni Putu Rasniathi kemudian melanjutkan kunjungannya ke Puri Satria. Di sana, dia juga disambut dengan penuh kehangatan oleh Panglingsir Puri Satria, Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi alias Cok Rat dan istrinya Ida Ayu Manik. Setibanya di Puri Satria, Adi Arnawa bersama rombongan bercengkrama dengan Panglingsir Puri Satria, Cok Rat. Duduk santai, Cok Rat menyampaikan banyak pesan kepada Adi Arnawa yang akan berjuang dalam Pilkada 2024 mendatang. Bahkan dia bercerita jika semalam dirinya memimpikan I Made Wintreg, almarhum dari ayah Adi Arnawa. 

“Semalam saya memimpikan almarhum ( I Made Wintreg), sekarang kamu (Adi Arnawa) lebih hebat dari bapakmu, harus lebih hebat memimpin Badung agar lebih baik. Badung ini kamu pertahankan untuk Bali, Indonesia, termasuk nusantara, camkan itu,” ungkap mantan Bupati Badung pada tahun 1999 ini.

Sementara, Adi Arnawa menerangkan kunjungan ke Puri Agung Jrokuta dan Puri Satria adalah untuk memohon doa restu sebagai bagian dari persiapannya untuk maju dalam Pilkada 2024. Selain memohon restu, kunjungan ini juga bertujuan untuk menjaga hubungan silaturahmi yang erat antara krama Desa Adat Pecatu dengan Puri Agung Jro Kuta. 

“Saya hadir nangkil di Puri Satria untuk memohon doa restu selaku sesepuh di perjuangan. Beliau (Cok Rat) adalah mantan Bupati Badung dan sekaligus yang mengangkat saya dulu. Saya lahir menjadi birokrat, dimulai sebagai Camat Kuta Utara dan dibimbing serta dibina oleh beliau sampai saya bisa di tahap ini,” ungkapnya. 7 ol3

Komentar