nusabali

Pemugaran Tahap I Pura Tanah Lot Rampung

  • www.nusabali.com-pemugaran-tahap-i-pura-tanah-lot-rampung

TABANAN, NusaBali - Pemugaran tahap I Pura Luhur Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, rampung 95 persen. Tahapan selanjutnya pengempon pura akan menggelar upacara Ngulap Ambe 4 September 2024 nanti.

Untuk diketahui pemugaran tahap I ini dilakukan pada bagian tembok panyengker dan Bale Piasan. Selanjutnya tahap II baru pemugaran pada bagian palinggih lima buah. 

Pamangku Pura Luhur Tanah Lot sekaligus Asisten Manager DTW Tanah Lot I Putu Toni Wirawan mengatakan, pemugaran tahap I sudah mendekati rampung. Saat ini progresnya mencapai 95 persen. "Tinggal di bagian Bale Piyasan saja yang perlu dilakukan perbaikan lagi sedikit," ujarnya, Rabu (28/8)

Menurutnya, setelah pemugaran tahap I akan dilakukan upacara Ngulap Ambe, 4 September 2024. Upacara itu dilakukan sebagai persiapan untuk melaksanakan upacara Pujawali pada 9 Oktober nanti. "Upacara Ngulap Ambe semacam upacara mlaspas alit supaya upacara Pujawali bisa dilakukan," imbuhnya. 

Setelah rampung, kata Toni Wirawan, lanjut pemugaran tahap II untuk palinggih. Lima palinggih dipugar dan ditarget rampung tahun 2025 sebagai persiapan Karya Agung. "Harapan kami, proses pemugaran ini bisa lancar karena berdekatan dengan pantai," harapnya

Seperti berita sebelumnya, pemugaran dilakukan utamanya karena sejumlah palinggih sudah rapuh. Selain itu sudah sejak tahun 1995 belum pernah ada pemugaran. Pemugaran dilakukan juga serangkaian persiapan upacara Karya Ngenteg Linggih tahun 2025. Total anggaran pemugaran hingga Karya Ngenteg Linggih dirancang Rp 11 miliar.7des

Komentar