nusabali

Pengamanan Pendaftaran Cabup-Cawabup Buleleng, 228 Personel Disiagakan di KPU

  • www.nusabali.com-pengamanan-pendaftaran-cabup-cawabup-buleleng-228-personel-disiagakan-di-kpu

SINGARAJA, NusaBali  - Polres Buleleng menyiagakan sebanyak 228 personel untuk mengamankan tahapan pendaftaran calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) di KPU Kabupaten Buleleng.

Polisi juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas karena saat pendaftaran itu bakal calon akan diiringi ribuan simpatisan. 

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, ratusan personel yang disiapkan itu akan berjaga selama pelaksanaan konvoi hingga saat pendaftaran pasangan calon di kantor KPU Buleleng. Dari informasi sementara yang ia terima, akan ada dua pasangan calon yang akan mendaftar pada Kamis (29/8).

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi. –MUZAKKY 

"Pengamanan kami libatkan 228 personel. Polres Buleleng sudah sangat siap mengamankan. Segala skenario, kemarin sudah kami bahas mengenai perencanaan dan strategis serta taktis pelaksanaan pengamanannya,” ujar AKBP Widwan, Rabu (28/8) di Mapolres Buleleng. 

Polres Buleleng juga menyiagakan unit armada water cannon untuk memecah massa jika terjadi kericuhan. Pengamanan tersebut sudah disiapkan sejak hari pertama pendaftaran pada Selasa (27/8). Pantauan di Kantor KPU Buleleng kemarin, nampak puluhan personel kepolisian berpakaian lengkap dan berpakaian preman terlihat siaga berjaga.

“Kami juga dibantu BKO dari personel Brimob Polda Bali. Mereka sudah standby di Polsek Seririt, ketika dibutuhkan mereka siap melakukan pengamanan,” imbuh dia.

AKBP Widwan menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penyekatan lalu lintas untuk menghindari kemacetan. Ruas jalan yang akan direkayasa itu yakni Jalan Udayana dan Jalan Ahmad Yani Singaraja. Kedua jalan itu akan dilalui konvoi massa pendukung pasangan calon menuju kantor KPU Buleleng. 

Ia mengimbau, para simpatisan yang ikut mengiringi bakal calon saat mendaftar di Kantor KPU, untuk menjaga ketertiban. Mereka diminta agar tidak terprovokasi ataupun memprovokasi. Sebelumnya jajaran Polres Buleleng juga sudah berkoordinasi pengurus partai hingga di level kecamatan terkait hal itu. 

"Kami sudah ploting anggota yang melaksanakan tugasnya baik di penyekatan rekayasa lalu lintas. Kami juga sudah koordinasi dengan masing-masing panitia di partai politik untuk sama-sama menjaga ketertiban,” tandas AKBP Widwan. 

Sebelumnya, KPU Buleleng menyampaikan akan ada dua pasangan calon yang akan melakukan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, pada Kamis (29/8). Dua pasangan calon itu yakni yang diusung Koalisi PDI-Perjuangan dan koalisi Partai Golkar.

Untuk PDI Perjuangan pasangan yang akan didaftarkan yakni paket dr Nyoman Sutjidra dan Gede Supriatna. Pasangan itu, dijadwalkan akan melakukan pendaftaran pada Kamis pagi sekitar pukul 09.00 Wita. Lalu dari partai Golkar, akan mendaftarkan paket Nyoman Sugawa Korry dan Gede Suardana pada sore harinya sekitar pukul 16.00 Wita. 7 mzk

Komentar