nusabali

Kemenangan Bersejarah Kadek Arel Dkk

Comeback Gemilang, Indonesia Kalahkan Argentina

  • www.nusabali.com-kemenangan-bersejarah-kadek-arel-dkk

Kadek Arel mendahului tepisan kiper Lucas dan menanduk bola ke gawang kosong. Jika dihitung dari Piala AFF U-19 2024 di Surabaya, ini gol keempat Kadek Arel dari situasi bola mati.

JAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia U-20 mendapatkan start bagus dalam persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September nanti. Ya, Kadek Arel dkk membuat comeback gemilang untuk mengalahkan Argentina U-20, dengan skor 2-1 pada laga perdana turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024 di Stadion Mokdong, Korea Selatan, Rabu (28/8).

Timnas U-20 yang pada laga ini tidak diperkuat Jens Raven, Welber Jardim, dan Kafiatur Rizky tak kehilangan tajinya. Namun, pada babak pertama tim asuhan Indra Sjafri tersebut mendapat banyak serangan dari Argentina yang dilatih Claudio Oscar Gugnali.

Pada menit ke-17, gawang Indonesia yang dikawal Ikram Algiffari robek setelah Mirko Juarez mencetak gol usai menyambut bola tendangan rekannya dengan sundulan kepala. Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, pasukan Garuda Nusantara bermain lebih berani menyerang. Mereka memegang bola dan kerap kali membahayakan gawang Argentina. 

Peluang terbaik Indonesia dimulai pada menit ke-63 saat pemain pengganti Marselinus Ama Ola membuat tusukan dari sisi kanan. Pemain 19 tahun itu lalu melakukan umpan tarik yang disambut oleh Dony Tri Pamungkas yang naik dari sisi kiri.

Sang kapten yang tanpa berpikir lama melakukan tendangan first time. Bola sepakannya gagal ditepis kiper Lucas Sebastian Schneider. Namun, beruntung bek Nazareno Roselli di waktu yang tepat menghalau tendangan pemain Persija Jakarta tersebut.

Gol yang ditunggu Indonesia akhirnya lahir pada menit ke-75. Berawal dari situasi bola mati dari Maouri Ananda, Kadek Arel mendahului tepisan kiper Lucas dan menanduk bola ke gawang yang kosong. Jika dihitung dari pergelaran Piala AFF U-19 2024 di Surabaya, maka ini menjadi gol keempat Kadek yang diawali dari situasi bola mati.

Indonesia seolah mendapatkan angin kedua usai mencetak gol penyama 1-1. Pada menit ke-79, Indonesia membalikkan keadaan setelah Maouri yang memberikan assist, kali ini jadi pencetak gol titik putih karena Muhammad Ragil dilanggar Lucas. Skor berbalik 2-1 untuk Indonesia. 

Ragil hampir menambah keunggulan pada menit ke-83, namun tendangannya melebar tipis. Toni Firmansyah mendapatkan peluang emas unggul 3-1. Namun, tendangan jarak jauhnya digagalkan tiang gawang. 

Hingga peluit panjang, skor 2-1 tidak berubah. Indonesia yang sempat tertinggal akhirnya comeback gemilang lawan tim ranking satu dunia Argentina. Setelah lawan Argentina, Indonesia akan melawan Thailand, Jumat (30/8), dan Korea Selatan pada Minggu, 1 September.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut kemenangan Indonesia U-20 atas Argentina U-20, merupakan kemenangan yang bersejarah. 

"Ini kemenangan bersejarah. Saya yang menonton pertandingan itu melihat luar biasa perjuangan para pemain kita. Apalagi mereka mencetak kemenangan dengan comeback setelah lebih dulu tertinggal. Benar-benar salut," kata Erick Thohir, Rabu.

Meski demikian, Erick Thohir meminta Kadek Arel dkk tidak jemawa karena kemenangan ini bagian persiapan Indonesia menatap ujian sesungguhnya pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September.

"Meski bisa kalahkan Argentina, tim yang peringkatnya jauh di atas kita, ingat jangan sombong atau jumawa," ucap Erick Thohir.

Namun Timnas Indonesia U-20 tidak berjuang sendirian dalam laga itu. Banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Korea Selatan hadir langsung di stadion. Termasuk bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan ikut  memberikan dukungan Timnas Indonesia U-20.

Pratama Arhan membagikan momen dirinya mendukung Timnas Indonesia U-20 melalui Instagram Story. Arhan tampak menyaksikan laga itu dari salah satu sisi tribune Mokdong Stadium. ant

Komentar