nusabali

10.000 Simpatisan Antar Paslon Sedana Arta-Diar

Disusul Giri Putra-Subrata dan Raden Cahyo-Winuntara

  • www.nusabali.com-10000-simpatisan-antar-paslon-sedana-arta-diar

BANGLI, NusaBali - Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar mendaftarkan diri ke KPU Bangli, Kamis (29/8) siang.

Saat pendaftaran pasangan calon (Paslon) yang diusung PDIP dan 7 partai politik (Parpol) non parlemen ini diantar sekitar 10.000-an pendukung dan simpatisan. 

Prosesi pendaftaran diawali Paslon, jajaran pengurus parpol dan simpatisan berkumpul di Alun-alun Bangli menyaksikan pentas budaya (fragmentari). Kemudian dilanjutkan orasi/deklarasi paslon Sedana Arta-Wayan Diar. Selain itu deklarasi dukungan terhadap Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Bali Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri). 

Selanjutnya, paslon dan simpatisan berjalan kaki dari Alun-alun Bangli menuju kantor KPU Bangli. Adapun iring-iringan komunitas motor, pembawa bendera parpol, disusul peserta parade budaya meliputi Okokan, baleganjur yang mencapai 37 sekaa, adi merdangga, gong suling, ada pula penampilan joged bahkan ada penampilan barongsai.

Sementara itu, jajaran Fraksi PDIP mengenakan pakai beragam seperti baris gede, penasar, raja buduh, mantri, walunata, wijil, dan lainnya. Cabup Sedana Arta didampingi Cawabup Wayan Diar mengatakan pihaknya telah melalui proses pendaftaran. Berkas/dokumen persyaratan sudah diterima. "Astungkara sudah diterima dengan lengkap dan benar," ungkapnya.

Sedana Arta yang juga didampingi Ketua Tim Pemenangan, I Nyoman Budiutama menyampaikan dalam pendaftaran kali ini melibatkan 10.000 simpatisan. Disinggung terkait target, Ketua Tim Pemenangan, Nyoman Budi Utama menyebutkan pada Pilkada 2020 lalu raihan suara 58 persen. Kemudian untuk Pilkada 2024 target 75 persen. Dia optimis bisa menang meski ada 2 pesaing lainnya. "Beliau (Sedana Arta-Wayan Diar) incumbent dan sudah dirasakan sekali program-progam beliau. Kami optimis untuk 75 persen ini," sambungnya. 

Pada hari yang sama, dua Paslon lainnya, yakni Ida Bagus Gede Giri Putra-I Made Subrata diusung Gerindra bersama NasDem, PKN, PSI, Partai Buruh, PKS, dan Partai Ummat, dan Raden Cahyo Adhi Nugroho Martosubroto-I Gusti Made Winuntara diusung Demokrat dan Golkar. 

Paslon Giri Putra-Subrata saat mendaftar di KPU Bangli, Kamis (29/8). –EKA SRI 

Usai pendaftaran di KPU Bangli, Kamis Cabup IB Giri Putra mengatakan pihaknya secara de yure dan de facto telah melengkapi pendaftaran. "Setelah ini, kami tinggal menunggu informasi dari rumah sakit yang ditunjuk untuk melakukan test kesehatan," ujar Mantan Sekda Bangli ini. Saat mendaftar kemarin Paslon Giri Putra-Subrata juga diiringi ribuan simpatisan. Tampak mengiringi mantan Bupati Bangli I Made Gianyar yang juga kakak kandung Cawabup Made Subrata. 

Sementara Paslon Raden Cahyo Adhi Nugroho Martosubroto-I Gusti Made Winuntara datang ke KPU Bangli, Kamis petang. Paslon ini ke KPU dengan mengendarai kendaraan dan didampingi jajaran pengurus partai pengusung dan sejumlah simpatisan. Berbeda dengan 2 paslon lainnya, Raden Cahyo-Gusti Winuntara tidak mengerahkan massa.

Paslon Raden Cahyo-Gusti Winuntara usai pendaftaran. –EKA SRI 

Raden Cahyo mengatakan jika pihaknya sudah resmi mendaftar dan berkas telah dinyatakan lengkap. "Kami telah dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan," ujarnya. Dia mengaku dalam waktu dekat akan ada deklarasi. Di sisi lain, Ketua KPU Bangli I Kadek Adiawan menerangkan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Paslon Sedana Arta-Wayan Diar diagenda menjalani pemeriksaan, Jumat (30/8), Giri Putra-Subrata pada Sabtu (31/8), sedangkan Raden Cahyo-Gusti Winuntara pada Minggu (1/9). 7 esa

Komentar